Tips dan Trik untuk Mengoptimalkan Instalasi WordPress Anda

tips dan trick cara mengoptimalkan instalasi wordpress anda

WordPress adalah salah satu CMS terbaik yang tentunya bisa diandalkan untuk membangun situs Anda apapun konsepnya. Sebagai salah satu CMS terpopuler, WordPress tentunya dilengkapi dengan segudang fitur andalannya. Anda bisa menyesuaikan CMS ini sesuai dengan konsep situs yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakannya secara gratis dan menerapkannya untuk membuat situs sesuai dengan konsep yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari CMS ini, Anda perlu mengoptimalkan instalasi WordPress. Dengan cara tersebut, Anda bisa mendapatkan performa, kecepatan, dan keamanan yang lebih baik untuk situs Anda. Bagaimanakah cara yang tepat untuk mengoptimalkan WordPress?

Lakukan Backup Secara Berkala

Memang kedengaran sepele, tetapi backup sangatlah penting untuk menyelamatkan data Anda. Tidak bisa dipungkiri, kehilangan data adalah masalah yang sangat sering dialami. Jika dibandingkan dengan perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan data, nilai data tersebut tentunya lebih tinggi (terutama untuk data yang bersifat sensitif dan penting). Kehilangan data bisa menjadi suatu ‘bencana’ bagi bisnis Anda. Untuk mengantisipasi hal tersebut, lakukanlah backup situs Anda secara berkala. Jangan pernah lupa untuk melakukan backup database.

Lindungilah WP-Admin dengan Password

Secara default, WordPress menggunakan password acak untuk user admin. Jika Anda masih menggunakan password acak ini, tentunya hal ini akan sangat berisiko untuk direktori WP-Admin Anda. Gunakanlah password yang kuat untuk melindunginya dari serangan hacker atau masalah lain yang tidak diinginkan. Gunakanlah kombinasi angka, huruf, dan tanda khusus untuk membuat password Anda semakin kuat dan tidak mudah dibajak oleh hacker tak bertanggung jawab.

Gunakanlah Plugin yang Tepat

WordPress bukanlah CMS biasa dengan fitur seadanya. Untuk meningkatkan performa dan kecepatan situs Anda, gunakanlah plugin yang disediakan dan dirancang khusus untuk CMS ini. Plugin yang bisa Anda pilh antara lain:

  • Bad Behavior

Plugin ini berfungsi untuk menambahkan keamanan pada situs Anda. Plugin ini bekerja secara efekfif untuk mencegah spammer yang sering memberikan dampak negatif untuk situs Anda. Dibandingkan dengan plugin anti spam sejenis, Anda bisa mendapatkan performa lebih baik karena dilengkapi dengan kemampuan untuk menganalisa software spammer.

  • Secure WordPress

Jika Anda membutuhkan keamanan ekstra untuk situs Anda, plugin ini adalah wajib saat instalasi dilakukan. Plugin ini bekerja cukup efektif untuk membersihkan error di halaman login. Dengan fitur yang dimilikinya, Anda bisa mendapatkan keamanan yang lebih baik.

 Super Cache

Plugin ini bekerja untuk menghasilkan file html statis untuk situs yang Anda rancang. Setelah plugin terpasang, webserver bisa langsung merespon permintaan akses terhadap file tersebut.

Hapus Plugin yang Tidak Terpakai

Anda sebaiknya selektif terhadap plugin yang Anda pakai untuk situs. Jika terlalu banyak plugin tak terpakai, sebaiknya Anda perlu menghapusnya. Pasanglah plugin yang benar-benar bermanfaat dan sesuai dengan situs Anda. Terlalu banyak plugin tentunya tidak akan membawa manfaat untuk situs Anda.

WordPress adalah salah satu CMS yang paling menarik untuk dipelajari dan diterapkan ke situs Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan instalasi WordPress. Instalasi WordPress sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan dengan berbagai cara karena sudah menggunakan konsep Web Based Installation untuk versi terbarunya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda perlu meningkatkan performa, kecepatan, dan fitur dalam instalasinya. Hal yang paling mudah diterapkan adalah memasang beberapa plugin tertentu untuk melindungi CMS Anda atau membuatnya menjadi lebih baik.

webhosting berkualitas