Cara Menginstall WordPress untuk Pemula

cara menginstal wordpress untuk pemula

WordPress bukanlah CMS yang dirancang untuk pemula atau orang yang masih baru mempelajari blog atau website. Banyak orang berpendapat WordPress cukup sulit untuk digunakan. Pendapat ini memang benar, tetapi WordPress juga menyediakan cara mudah untuk menjalankannya terutama bagi pemula. Saat Anda memulai instalasi WordPress, Anda bisa mendapatkan kemudahan yang ditawarkan oleh CMS ini. Bagaimanakah cara yang tepat dan mudah untuk melakukan instalasi WordPress tanpa proses berbelit-belit?

Salah satu cara yang paling direkomendasikan untuk menginstall WordPress bagi pemula adalah melalui Localhost. Anda bisa melakukannya di komputer Anda sendiri dan cara ini memang termasuk cara yang paling mudah di antara metode instalasi lainnya. Sebelum Anda mulai menjalankan instalasi, Anda juga perlu kelebihan dari instalasi WordPress melalui localhost ini. Metode ini memang sangat disarankan untuk pemula dan Anda bisa menerapkannya untuk pembelajaran. Proses pembelajaran CMS ini akan lebih mudah dan cepat karena tidak ada proses loading yang menganggu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan localhost untuk menerapkan theme, widget, atau plugin tertentu sebelum Anda melakukannya secara online. Setelah Anda mendapatkan theme tertentu, Anda jusa bisa mengeditnya melalui metode ini.

Untuk memulai instalasi, Anda hanya membutuhkan dua syarat utama, yaitu virtual server dan CMS WordPress tentunya. Anda bisa mengunduh dua program tersebut di internet.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall XAMPP (virtual driver). Instalasi program ini akan menggunakan directori C pada komputer Anda.
  2. Setelah instalasi selesai dilakukan, Anda bisa mengekstrak CMS WordPress yang Anda dapatkan di situs resminya. Tempatkan file tersebut di C:\xampp\htdocs.
  3. Langkah selanjutnya adalah pembuatan database. Gunakanlah browser yang terinstal di PC Anda dan ketik  http://localhost/phpmyadmin di address bar browser tersebut. Pilihlah opsi create new database untuk membuat database bagi situs Anda.
  4. Setelah database selesai dibuat, Anda bisa mengklik http://localhost/’(folder tempat Anda menyimpan WordPress)’. Pilih opsi Create Configuration File untuk melanjutkan proses instalasi.
  5. Setelah Anda mengklik opsi tersebut, di layar Anda akan ditampilkan menu baru yang meminta Anda untuk memasukkan beberapa informasi yang berkaitan dengan situs Anda. Isilah field tersebut dengan informasi yang sesuai. Lalu, klik tombol submit. Di menu selanjutnya, Anda juga diminta untuk memberikan informasi mengenai judul situs, username, password, dan email. Isilah field tersebut dengan data yang sesuai. Instalasi WordPress pun selesai.

Metode tersebut sudah cukup untuk menginstal WordPress ke Localhost Anda. Tetapi, Anda mungkin membutuhkan beberapa plugin khusus untuk mengoptimalkan instalasi CMS Anda. Salah satu plugin yang paling direkomendasikan adalah WP-Optimize. Plugin memang dirancang khusus untuk platform WordPress. Fungsi utamanya adalah untuk mengoptimalkan database SQL di situs Anda. Dengan software ini, proses optimasi bisa dilakukan tanpa login ke database admin di MySQL. Hasil akhirnya adalah situs dengan kecepatan yang lebih baik. Plugin ini juga dirancang secara khusus bagi mereka yang hanya mampu membeli layanan hosting dengan kapasitas yang tidak terlalu besar.

Ternyata, WordPress tidak terlalu sulit digunakan bagi pemula. Jika Anda mau meluangkan waktu untuk menekuni CMS ini dengan serius, Anda bisa lancar menggunakannya dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, CMS ini juga menjadi solusi yang tepat untuk membangun situs dan eksistensi Anda di dunia maya. Seperti yang sudah diketahui banyak penggunanya, WordPress adalah salah satu CMS paling populer.

webhosting berkualitas