Cara Meningkatkan Loading Blog Wordpres

cara meningkatkan loading blog wordpress

Meningkatkan kecepatan loading blog wordpress mungkin saja dapat membuat bingung buat yang masih awam. Namun demikian harus di ingat bahwa kecepatan blog merupakan komponen yang sangat berarti dalam menjaga performa sebuah website. Tahukah anda bahwa faktor yang menentukan banyaknya halaman yang akan dirayapi oleh robot search engine dalam sehari merupakan kecepatan loading blog anda?

cara meningkatkan loading blog wordpress

Untuk mempercepat loading blog wordpress anda harus tahu 2 hal, yaitu:

  • Optimisasi template anda dengan benar sehingga ukuran database menjadi kecil yang perlu dimuat setiap kali pengunjung membuka blog anda.
  • Waspada dengan hosting yang murah, apalagi gratis.

Optimisasi Template WordPress

Jika anda mengalami sebuah problem dengan lemotnya kecepatan blog dan ternyata wordpres hosting berkualitas anda aman-aman saja, kemungkinan besar ada pada plugins atau template yang anda. Untuk mengatasi masalah ini, kita lihat beberapa langkah untuk memperbaiki gangguan ini :

#Bersihkan template anda

header.php
Pembersihan ini untuk mengurangi sebuah masalah dalam template yang anda gunakan. Pertama, kita harus mengurangi script query dari header.php. Karena biasanya template harus mendapatkan semua info yang dibutuhkannya dari database. Salah satu contoh pembersihan itu bisa dilihat dari kode di bawah ini:

<html xmlns=”http://www.w3.org/1999/xhtml” <?php language_attributes(); ?>>
<head profile=”http://gmpg.org/xfn/11″>
<meta http-equiv=”Content-Type” content=”
<?php bloginfo(‘html_type’); ?>;
charset=<?php bloginfo(‘charset’); ?>” />

Kode ini bisa saja dijadikan seperti ini:

<html xmlns=”http://www.w3.org/1999/xhtml” dir=”ltr”>
<head profile=”http://gmpg.org/xfn/11″>
<meta http-equiv=”Content-Type” content=”text/html; charset=UTF-8″ />

Selain metode di atas, anda juga bisa melakukan 5 hal berikut:

  • Buat URL dari stylesheet anda menjadi statis
  • Buat URL Pingback anda menjadi statis
  • Buat URL Feed anda menjadi statis
  • Anda boleh menghapus “blog’s wordpress version”
  • Buat nama blog dan deskripsi menjadi statis

Semua hal yang anda lakukan pada header.php di atas bisa menambah kecepatan loading blog anda.

footer.php
Kalau tadi anda sudah membersihkan header, sekarang anda bisa juga “bersih-bersih” untuk footer.php (jika template anda juga memanggil database-database yang bisa diubah menjadi statis, Misalnya:

  • Nama Blog
  • URL RSS Feed
  • URL RSS Feed Komentar

Apa yang dimaksud dengan mengubah jadi statis? Bisa anda lihat contoh di atas yang awalnya dieksekusi dengan perintah <?php…..?> untuk memanggil database? Hapus saja pemanggil database seperti itu, sekalian saja isikan nilai dari database sebagai penggantinya.

Teliti Hosting Murah Apalagi Gratis

Jelas sekali menggunakan “barang” yang murah ataupun gratis, memberikan jaminan yang tidak seberapa. Masalahnya anda disini tidak punya hak untuk protes layaknya pengguna layanan premium. Jadi ada baiknya anda memastikan bahwa walaupun hosting murah atau bahkan gratis, tapi beli lah layanan jasa web hosting murah berkualitas. Jangan menjadi serakah, kasih sedikit mintanya banyak. Tapi kalau bisa, kenapa tidak?

« »

Comments are closed.