5 Plugin Untuk Menjaga Keamanan WordPress

plugin untuk menjaga kemanan wordpress
Aktivitas hacking merupakan istilah yang memang menjengkelkan apalagi kalau akun wordpress kamu jadi korbannya, semakin hari hacker semakin canggih menemukan kelemahan di website. Salah satu yang sedang populer saat ini adalah serangan virus heartbleed, kamu bisa baca cara menghindari virus heartbleed disini. Memang jika kita tidak ekstra dalam mengurus situs web kita, hal ini merupakan celah hacker untuk menyerang web kita, maka dari itu kamu harus persiapkan cara menghindari ancaman dan memastikan untuk menjaga keamanan WordPress Blog.

Dan untuk mengambil langkah-langkah melindungi website kita dari hacker. WordPress memiliki beberapa plugin yang bisa membuat keamanan lebih terjamin dari aksi hacking. Nah, setelah sebelumnya kita membahas tips meningkatkan keamanan website wordpress, maka pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana kita dapat menggunakan plugin untuk melindungi WordPress dari Hacker.

Berikut ini merupakan 5 plugin yang bisa menjaga keamanan wordpress yang kamu miliki sehingga bisa terhindar dari serangan virus atau malware, simak ulasannya :

1. AntiVirus
AntiVirus memang sangat penting dalam menjaga keamanan apapun. Sesuai dengan namanya, plugin AntiVirus dapat menjaga dan melindungi WordPress kamu dari serangan malware, virus, dan injeksi spam terutama pada bagian template WordPress. Untuk bisa menginstallnya kamu bisa unduh di situs resmi wordpress berikut : http://wordpress.org/plugins/antivirus.

2. Login LockDown
Manfaat dan fungsi plugin ini adalah menghalangi (blocking) akses dari sebuah IP address yang berbahaya atau dalam range tertentu sehingga pengguna IP tersebut tidak mampu mengakses website dan melakukan hacking melalui akses ke WP Admin. Untuk dapat menggunakan plugin ini kamu bisa menemukannya disini https://wordpress.org/plugins/login-lockdown.

3. Replace WP Version
Pada umumnya hacker akan menyerang instalasi WordPress dengan cara mengetahui versi WordPress yang dipakai. Jika kamu menyembunyikan versi WP kamu dari beberapa sumber informasi, maka website kamu jauh lebih aman. Fungsi plugin ini menghilangkan versi WordPress dari berbagai sumber informasi yang bisa memunculkan versi WP yang digunakan website. Kamu dapat download pluginnya disini https://wordpress.org/plugins/replace-wp-version.

4. AskApache Password Protect
Plugin ini merupakan sebuah sistem keamanan tingkat lanjut yang menghalangi berbagai usaha hacking pada password dan instalasi WordPress kamu. Bisa kamu dapatkan pada situs resmi wordpress disini http://wordpress.org/plugins/askapache-password-protect.

5. Secure WordPress
Plugin yang satu ini boleh dibilang Plugin yang cukup special. Karena plugin ini berfungsi melakukan checking secara berkala dan memastikan semua sistem keamanan WordPress berjalan dengan baik. Unduh pluginnya disini http://wordpress.org/plugins/all-in-one-wp-security-and-firewall. Dan berikut ini merupakan beberapa tugas dalam plugin ini:

  • Menghapus error-information dari halaman login
  • Menambahkan index.php pada direktori plugin
  • Menghapus/menyembunyikan wp-version kecuali di area admin
  • Menghapus Really Simple Discovery
  • Menghapus Windows Live Writer
  • Menghapus core update information bagi selain admin

Demikian artikel mengenai 5 plugin yang bisa menjaga keamanan wordpress kamu tapi tentunya masih ada banyak plugin keamanan lain yang bisa dipakai. Akan tetapi bukan berarti kamu harus memakainya semua. Pilihlah yang sesuai dengan fungsi dan saling mendukung untuk menjaga keamanan WordPress kamu.

webhosting berkualitas