Install WordPress dengan Fantastico Bagi Pemula

Install WordPress dengan Fantastico Bagi Pemula

Install WordPress dengan Fantastico Bagi Pemula

Install WordPress dengan Fantastico Bagi Pemula

Hosting dibutuhkan untuk menjalankan sebuah website. Semua jenis website baik HTML + CSS, maupun segala jenis CMS pasti membutuhkan hosting, tidak terkecuali CMS WordPress. Pada CMS WordPress, penyedia jasa hosting menawarkan dua pilihan, yaitu hosting gratis yang memiliki kapasitas terbatas atau self hosting (hosting yang diserahkan sepenuhnya kepada user).

Jika kalian memilih self hosting, beban penginstallan akan diberikan kepada kalian. Itu berarti segala proses penginstallan kita sendiri yang melakukannya. Namun jangan khawatir, kalian akan dipandu dalam proses penginstallan apabila menggunakan jasa layanan hosting berbayar. Kalian harus menginstallnya langsung di hosting dengan fitur Fantastico yang biasanya sudah disediakan oleh layanan hosting tersebut.

Hal pertama yang harus kalian lakukan dalam proses penginstallan adalah login terlebih dahulu ke hosting yang sudah kalian sewa. Kemudian, pilih menu Fantastico/Softacolous App Installer. Apabila kalian menyewa paket hosting dengan cPanel x, maka fitur tersebut biasanya terletak pada halaman bagian bawah. Scroll mouse kalian ke bawah dan kemudian pilih WordPress. Lalu klik tombol install, kemudian akan muncul beberapa pilihan yang dapat diubah sesuai keinginan atau kebutuhan kita, di antaranya sebagai berikut.

  1. Choose protocol: pilih protokol website kalian, apakah kalian ingin menggunakan http:// [tanpa www] atau http://www. [menggunakan www].
  2. Selanjutnya, untuk menginstall Fantastico WordPress, kalian bisa memilih ”Choose domain”: pilih domain yang ingin diinstall WordPress. Hal ini berlaku apabila kalian mempunyai lebih dari satu domain yang masih belum terpakai di hosting tersebut. Jika tidak, maka kalian akan secara otomatis memakai domain tersebut.
  3. In Directory: tentukan letak file wordpress kita, misalnya kalian membuat sebuah blog tanpa directory tambahan, http://www.namablog.com atau http://www.namablog.com/wp. Namun saya sarankan kosongkan isi pada pilihan ini.
  4. In Directory: tentukan letak file wordpress kita, misalnya kalian membuat sebuah blog tanpa directory tambahan, http://www.namablog.com atau http://www.namablog.com/wp.
  5. Selanjutnya, untuk menginstall Fantastico WordPress, pada “Database Name” isi dengan nama database yang diinginkan, namun maksimal karakter biasanya tujuh karakter.
  6. Table Prefix: untuk ini biarkan saja default/jangan diubah, sementara yang lainnya silakan kalian isi sesuai dengan yang diinginkan.

Demikian langkah-langkah yang dapat kalian lakukan dalam menginstall Fantastico WordPress.

Jakartawebhosting.com, Akan Membantu Anda Untuk Menjalankan WordPress Anda

Jakarta Web Hosting Indonesia

Jakarta Web Hosting Indonesia

webhosting berkualitas