WordPress atau Joomla, Mana yang Lebih Unggul?

WordPress atau Joomla, Mana yang Lebih Unggul?

Wordpress atau Joomla, Mana yang Lebih Unggul?

WordPress atau Joomla, Mana yang Lebih Unggul?

Eksistensi seseorang sangat dipengaruhi zaman yang serba digital ini, terutama dalam dunia internet. Saat ini, banyak orang yang mencari eksistensi lewat dunia maya. Entah itu media sosial, forum, ataupun dengan website pribadi. Penggunaannya pun sangat beragam. Mulai dari situs blogging, situs bisnis online, situs aktivitas organisasi, situs promosi produk perusahaan atau hanya sekedar narsis di dunia internet.

Apalagi dengan hadirnya sebuah CMS (Content Management System) yang dapat memberikan kemudahan dalam membuat website. Ini merupakan salah satu faktor yang membuat semakin banyak bermunculannya website pribadi. Bagi kalian yang banyak menghabiskan waktu untuk internet, pasti sudah mengenal CMS seperti WordPress atau Joomla. Lalu, mana yang lebih unggul untuk membuat situs web? Mari kita lihat perbedaannya.

Agar dapat membandingkan keunggulan dari kedua CMS tersebut, tergantung pada si pembuat website sendiri. Karena hampir semua CMS dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, template yang mudah diatur, dan search engine friendly. Sehingga dapat dikatakan perbandingan WordPress atau Joomla untuk website tidaklah terlalu signifikan.

WordPress atau Joomla untuk website dinamis bisa dilihat dari kesamaannya, bahwa keduanya merupakan software gratis yang juga menyediakan berbagai fitur dan template yang menarik. WordPress atau Joomla merupakan CMS yang paling populer dibandingkan dengan CMS lain. Baik WordPress atau Joomla, juga menyediakan fleksibilitas tinggi bagi para penggunanya agar dapat berkreasi dengan fitur-fitur yang ada.

Berikut adalah perbandingan WordPress dengan Joomla.

  1. Dari segi penggunaan, walaupun WordPress mungkin lebih populer karena kesederhanaannya, Joomla jelas memilki fitur yang lebih banyak untuk mendapatkan sebuah website dinamis yang lebih menarik dan unik.
  2. Dari segi fungsi, keunggulan Joomla hampir di semua fitur yang dapat disesuaikan dengan setiap industri. Namun untuk orang awam yang baru ingin memulai usahanya pada bisnis online, biasanya akan menggunakan CMS WordPress karena lebih mudah memanage-nya.
  3. Melihat pada optimasi untuk mesin pencari, kesederhanaan WordPress membuatnya lebih unggul dalam urutan search engine. Bahkan, WordPress menyediakan berbagai plugin-plugin SEO canggih dan powerful yang tidak dapat ditemukan di CMS lain. Plugin seperti WordPress SEO by Yoast, dan All-in-One SEO dapat menambahkan efek positif lebih besar untuk website Anda.
  4. Untuk template, mencari template WordPress atau Joomla tidaklah sulit. Anda bisa mendapatkannya secara gratis pada Google.
  5. Dari segi keamanan, Joomla lebih lemah securitynya dibandingkan dengan CMS WordPress. Ini karena plugin-plugin security WordPress lebih banyak dibandingan Joomla.

Demikianlah perbandingan dari kedua CMS ini. Baik WordPress atau Joomla, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

webhosting berkualitas