Cara Membuat WordPress Lebih Cepat Dengan Optimalkan Gambar

Cara Membuat WordPress Lebih Cepat Dengan Optimalkan Gambar

Jika kamu ingin memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung situs kamu, tentunya kamu harus memastikan waktu loading situs kamu cepat, sehingga tidak akan membuat mereka frustasi. Waktu loading akan membuat situs kamu bisa berhasil atau malah terbilang gagal. Salah satu cara membuat WordPress lebih cepat adalah dengan mengoptimalkan gambar, karena gambar merupakan bagian terberat dari konten situs.

Amazon, salah satu situs e-Commerce yang paling sukses di dunia, menemukan bahwa setiap mereka mempercepat kinerja situsnya 100 milidetik akan meningkatkan pendapatan mereka sebesar 1%. Hal ini menjadi indikasi bahwa dengan meningkatkan kinerja situs kita, tentunya akan memberikan pengamalan yang lebih baik kepada pangguna.

Kompres setiap gambar

Tidak bisa dipungkiri bahwa gambar bisa berpengaruh pada waktu loading semua situs, termasuk semua situs yang dibangun dengan WordPress. Gambar dengan resolusi tinggi pastinya memiliki ukuran file yang besar. Sala satu cara membuat WordPress lebih cepat adalah dengan mengkompres gambar sebelum diupload.

Banyak online tool yang bisa digunakan untuk mengkompres gambar, salah satu yang kami gunakan adalah Kraken.io. Atau bisa menggunakan plugin WordPress, WP Smush, yang dapat secara mudah untuk mengurangi ukuran gambar dengan melakukan scan semua gambar yang telah di-upload dan menghapus informasi yang tidak dibutuhkan.

Gunakan plugin Lazy Loading

Menggunakan banyak gambar pada situs kamu, akan membuat waktu loading kamu semakin lama, namun terkadang gambar-gambar ini dirasa perlu. Salah satu cara untuk mengakali hal ini adalah dengan menggunakan plugin Lazy Load.

Dengan plugin lazy load, setiap halaman page hanya akan menampilkan gambar yang terlihat oleh pengunjung. Jika pengunjung scroll ke bawah untuk melihat lanjutan konten, baru gambar lainnya akan ditampilkan. Taktik ini tidak hanya mengurangi waktu loading tetapi juga menyelamatkan bandwidth server.

Gunakan browser cache

Ketika mengupload gambar pada situs, pastikan mengupload-nya pada satu directory. Dengan begitu akan membantu browser yang digunakan oleh pengunjung me-loading gambar-gambar dengan lebih cepat menggunakan cache browser ketika berkunjung ulang.

Gunakan gambar yang sama berulang kali

Cara lainnya adalah dengan menggunakan gambar sama yang pada beberapa konten. Misalnya ketika menggunakan logo, cukup memanggilnya saja tanpa perlu menguploadnya berulang kali. Jadi browser dapat dengan cepat menampilkan gambar dengan cache browser.

Menggunakan gambar dengan format yang tepat

JPEG, PNG, dan GIF merupakan format gambar yang paling popular. Ketahui perbedaan antara ketiganya untuk memilih format yang tepat pada halaman situs kamu.

– JPEG: Cocok untuk gambar yang komplek dengan variasi warna yang banyak
– PNG: Format ini cocok untuk gambar transparan
– GIF: Gunakan GIF jika gambar berukuran kecil dan memiliki variasi warna yang sedikit.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas