7 Cara Mempercepat Kinerja WordPress

7 Cara Mempercepat Kinerja WordPress

Kinerja dari website menjadi hal yang sangat penting untuk kesuksesan website yang kamu buat. Sudah banyak studi yang mengungkap bahwa jika website kamu tidak terbuka dalam waktu 3 detik, maka pengunjung akan langsung menutup website kamu.

Hal ini juga berlaku pada situs eCommerce, jika websitenya memiliki kinerja yang lambat resikonya adalah bisa kehilangan penjualan. Menurut studi dari Kissmetrics, jika website terlambat terbuka 1 detik, maka akan kehilangan conversion rate hingga 7%, kehilangan page view hingga 11%, dan mengurangi kepuasan pelanggan hingga 16%.

Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi pada website, dan kamu harus memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Website dibangun menggunakan CMS, jika kamu mempunyai website yang dibangun dengan menggunakan CMS WordPress.org, berikut ini adalah cara untuk mempercepat kinerja WordPress.

1. Analisa kinerja website WordPress

Sebelum menerapkan berbagai cara untuk membantu mempercepat kinerja WordPress, kamu harus melakukan scan website WordPress kamu terlebih dahulu. Melakukan analisa kinerja dan mengecek apa yang menyebabkan kinerjanya turun.

Jika kamu telah mengidentifikasi isu tersebut, cara selanjutnya adalah mulai memperbaikinya untuk mempercepat kiner WordPress. Ada banyak plugin untuk membantu menganalisa kinerja website WordPress, salah satunya adalah P3 (Plugin Performance Profiler).

Setelah memasang plugin P3, klik tab P3 Plugin Profile, di menu Tools klik tombol Star Scan-> Auto Scan. Hasil dari analisa ini akan langsung dikirimkan via email, jadi kamu bisa mengirim laporan hasilnya ke tim support atau programmer yang membuat website kamu, jadi jika kamu tidak mengerti hasilnya kamu bisa meminta tolong kepada mereka untuk memperbaikinya. Atau kamu juga bisa mengunjungi halaman FAQ atau help section.

2. Mempercepat kinerja WordPress melalui pengoptimal gambar

Seperti yang kita tahu bahwa satu website memiliki banyak sekali gambar, dimana semakin besar ukuran gambar maka yang akan didownload oleh pengunjung juga semakin besar, hal inilah yang dapat membuat semakin lama website kamu untuk terbuka.

Jadi untuk mempercepat kinerja WordPress, kamu harus mengoptimalkan gambar yang sudah ada di website atau gambar yang baru akan kamu upload. Untuk caranya kamu bisa melihatnya di artikel ini.

webhosting berkualitas