Memilih Tema WordPress Gratis Atau Premium

Memilih Tema WordPress Gratis Atau Premium

Memilih Tema WordPress Gratis Atau Premium

Sering kali kita bingung ketika membangun blog atau website menggunakan WordPress mau memilih untuk menggunakan tema WordPress yang gratis atau premium yang berbayar. Pasti banyak yang penasaran apa perbedaan diantara keduanya.

Maka kali ini kami akan membahas apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan tema WordPress yang gratis dan premium.

Kelebihan Tema WordPress Gratis

Gratis yang kami maksud disini adalah tema yang tersedia gratis di direktori resmi di halaman WordPress.org. Bukan tema gratis dari sumber yang bukan merupakan sumber resmi, apalagi jika menggunakan tema berbayar dengan crack agar bisa digunakan secara gratis, kami sangat tidak merekomendasikannya.

  • Kelebihan pertama pastinya adalah tanpa biaya atau gratis, cocok yang baru memulai membangun blog.
  • Tema gratis di direktori resmi WordPress telah melalui proses review yang ketat, sehingga memiliki keamanan yang lebih terjamin.

Kekurangan Tema WordPress Gratis

  • Yang pertama adalah dukungan yang terbatas. Pengembang tema gratis biasanya bisa dihubungi leawat forum WordPress, tetapi mereka tidak akan melayani support jika ada permasalahan yang terjadi pada website kamu.
  • Fitur dan fungsi yang terbatas. Biasanya pengembang tema hanya menghadirkan fitur dan fungsi yang lebih banyak pada versi premiumnya.
  • Tidak unik. Tema gratis pastinya banyak digunakan oleh website atau blog WordPress lainnya, sehingga tidak membuat website kamu menjadi terlihat unik.
  • Tidak ada garansi. Tema gratis biasanya didistribusikan tanpa garansi, jika ada error yang terjadi maka kamu harus menanggungnya sendiri.

Kelebihan Tema WordPress Premium

  • Lebih banyak fitur dan fungsi. Biasanya pengembang tema menghadirkan lebih banyak fitur dan fungsi untuk tema premium yang dibuatnya.
  • Lebih fleksibel untuk dikustomasi. Pengembang tema biasanya menghadirkan multiple layout dan template yang bisa diterapkan, dan juga pilihan warna yang tidak terbatas.
  • Dukungan dan update. Tema premium sering mendapat update secara berkala, dan juga pengembangnya menyediakan support.
  • Lebih unik. Tema premium lebih unik, karena lebih sedikit pengguna yang menggunakannya dibandingkan dengan versi gratis. Dan juga ada pilihan untuk mengubahnya sesuai dengan selera pengguna.

Kekurangan Tema WordPress Premium

  • Coding yang tidak sempurna. Terkadang ada tema premium yang menggunakan standar coding yang kurang baik sehingga bisa mempengaruhi kinerja. Dan malah ada kejadian membuka celah keamanan yang mempermudah website untuk diserang.
  • Terlalu banyak fitur. Untuk menarik calon pembeli, biasanya pengembang tema menambahkan fitur-fitur yang malah tidak perlu. Kamu kemungkinan tidak akan menggunakannya, dan yang ada malah akan memperlambat website kamu.

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

« »

Comments are closed.