Bagaimana Cara Mengoptimalkan Website WordPress

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Website WordPress

Setelah membuat website WordPress kamu online, tentunya kamu ingin agar website tersebut diranking oleh Google untuk mendapatkan pengunjung dan mendapatkan pendapatan. Ada banyak cara untuk mengoptimalkan website WordPress kamu, salah satunya adalah dengan memasang plugin.

Ada banyak plugin diluar sana, dan kali ini kami akan pilihkan beberapa plugin terbaik untuk mengoptimalkan website WordPress yang kamu buat.

1. Yoast SEO

Yoast SEO harus kamu pasang untuk mengoptimalkan website WordPress kamu, dengan cara mengoptimalkan on-page SEO. Plugin ini merupakan plugin SEO yang paling popular, yang memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan SEO secara cepat dan efisien, dengan menambahkan Title Page, focus keyword, meta description dan lainnya.

2. W3 Total Cache

Salah satu faktor ranking Google adalah user engagement, jika pengunjung berlama-lama diwebsite kamu, itu menjadi sinyal yang bagus untuk Google yang berarti orang senang berada di website kamu. Namun jika pengunjung langsung menutup website kamu setelah beberapa detik membukanya hal ini bisa membuat ranking kamu turun. Hal itu bisa disebabkan karena konten tidak sesuai atau website kamu terlalu lama.

Untuk itu kamu harus selalu memastikan website kamu memiliki waktu loading yang sangat cepat. Menggunakan plugin W3 Total Cache dapat menjadi solusinya.

3. Wp Smush.it

Selain menggunakan W3 Total Cache untuk mempercepat waktu loading situs kamu adalah dengan mengoptimalkan gambar-gambar yang ada. Jika gambar yang kamu upload memiliki ukuran file yang besar, tentunya akan membuat waktu loadingnya semakin lama.

Wp Smush.it dapat digunakan untuk mengoptimalkan gambar (memperkecil ukurannya), namun tetap menjaga kualitasnya. Selain untuk mempercepat waktu loading situs kamu, tentunya kamu juga dapat menghemat disk space dari server yang kamu gunakan.

4. iThemes Security

Website WordPress menjadi target favorit bagi para hacker, karena CMS ini digunakan oleh banyak website. Untuk itu kamu harus memasang plugin security untuk mengamankan website kamu, salah satunya adalah iThemes Security.

Plugin ini memungkinkan kamu untuk memastikan bahwa website kamu terlindungi, dengan one-click instalation untuk pemula. Dan juga menyediakan setting konfigurasi untuk pengguna yang sudah ahli.

5. BackupBuddy

Meski sudah memasang plugin security terkadang website kita bisa terkena serangan, dan hacker mungkin menghapus file-file website kita. Untuk berjaga-jaga kita bisa memasang plugin BackupBuddy untuk membackup file-file tetap aman jika ada hal yang tidak diinginkan.

6. WP-Optimize

Plugin ini dapat digunakan untuk membersihkan berbagai sampah yang ada pada database. File sampah yang sudah tidak berguna tersebut bisa menyebabkan kinerja website kamu menjadi lama, untuk itu kamu harus menghapusnya.

7. SumoMe

Setelah selesai mengoptimalkan website kamu dari dalam, selanjutnya adalah mengoptimal website kamu keluar. Plugin SumoMe merupakan plugin yang bisa digunakan untuk mempromosikan website kamu.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas