Kenapa Website WordPress Harus Menggunakan Layanan CDN

Kenapa Website WordPress Harus Menggunakan Layanan CDN

Mungkin banyak dari kita yang belum pernah mendengar layanan CDN, layanan yang dapat menjadi salah satu jalan untuk mempercepat website kita. Ada banyak alasan kenapa website WordPress maupun website dengan CMS lainnya harus menggunakan layanan CDN.

Apa itu layanan CDN?

Tak kenal maka tak sayang, untuk itu kita harus tahu dulu apa itu CDN? CDN merupakan singkatan dari Content Delivery Network, layanan yang terdiri dari beberapa server yang dapat digunakan untuk meng-copy konten dari website kita dan akan mengirimkannya kepada pengunjung berdasarkan server yang paling dekat dengan lokasinya.

Biasanya website WordPress atau website lainnya disimpan atau dihosting pada satu web server, dan pengunjung hanya akan diarahkan ke server tersebut. Dengan CDN pemilik website dapat mengcopy konten dari server aslinya ke jaringan server penyedia CDN, kemudian pengunjung akan diarahkan ke server yang paling dekat dengan dimana lokasinya berada. Misalnya kita dari Indonesia ingin mengakses website yang menggunakan web server di Amerika Serikat, website tersebut juga menggunakan layanan CDN dengan jaringan server yang salah satunya ada di Singapura. Maka kita akan diarahkan ke server yang paling dekat yakni di Singapura.

Ketika menggunakan CDN, konten statis dari website kita akan di-cached dan disimpan pada jaringan server dari penyedia CDN. Konten statis tersebut berupa gambar, video, stylesheet (file CSS), JavaScript, Flash dan lainnya. Dengan begitu pengunjung dapat lebih cepat membuka website kita.

Kenapa kita harus menggunakan layanan CDN pada website WordPress?

  • Seperti yang sudah disebutkan di atas salah satu alasan untuk menggunakan CDN adalah untuk mempercepat website WordPress ataupun website yang menggunakan CMS lain.
  • Lebih tahan terhadap crash. Dengan CDN dapat mendistribusikan traffic atau pengunjung ke beberapa server. Jadi tidak akan membebani web server yang kita gunakan. Sehingga jika terjadi lonjakan traffic, web server tidak mudah untuk crash.
  • Meningkatkan pengalaman pengunjung. Dengan menggunakan CDN dapat membuat website kita menjadi lebih cepat, yang dapat berimbas pada pengalaman pengunjung. Pengunjung tentunya akan semakin betah menjelajah website WordPress kita, dan akan menurunkan bounce rate, menaikan jumlah pageviews.
  • Perbaikan SEO. Google telah menjelaskan bahwa website yang cepat akan berpengaruh pada ranking yang lebih tinggi di mesin pencarinya. Semakin cepat website WordPress kamu, kemungkinan berada pada ranking yang lebih tinggi semakin besar.

Penyedia layanan CDN

Beberapa layanan CDN yang kami rekomendasikan seperti:

  • Amazon Cloud Front. Menawarkan integrasi WordPress, banyak server node yang tersebar di lima wilayah utama, harga Pas-as-you-go tanpa biaya minimim dan gratis akun beginner 1 tahun 50GB.
  • CloudFlare. Menawarkan setup cepat dengan plugin WordPress, harga biaya tetap, dan memiliki server node di 76 lokasi.
  • Microsoft Azure CDN. Menawarkan integrasi WordPress, harga pay-as-you-go mulai dari Rp1.200 per GB ditambahkan free trial dengan kredit US$ 200, dan beberapa server node ada di Indonesia, Jakarta dan Batam.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas