Inilah Perbedaan WordPress.Org vs WordPress.Com

Inilah Perbedaan WordPress.Org vs WordPress.Com

Bagi yang baru mulai terjun ke dunia WordPress atau blogging pasti akan bingung perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Singkatnya WordPress.com merupakan CMS blog gratis yang bisa kamu langsung gunakan dengan nama domain websitekamu.wordpress.com. Sementara WordPress.org kamu bisa mendownloadnya gratis, namun kamu harus menyewa hosting sendiri dan dapat menggunakan nama domain sesuai dengan keinginan kamu.

Selain itu keduanya memiliki perbedaan fitur yang cukup banyak, dan berikut ini adalah perbedaan WordPress.org vs WordPress.com.

Biaya

Perbedaan WordPress.org vs WordPress.com yang paling dasar adalah biaya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, WordPress.com dapat digunakan secara gratis sebagai CMS untuk blogging dan memiliki batas storage space sebesar 3GB. Blog kamu akan disisipi iklan oleh WordPress dan kamu harus membayar biaya tambahan jika ingin menggunakan nama domain sendiri.

Sementara WordPress.com juga dapat kamu download dan gunkan secara gratis. Namun kamu harus menyewa web server untuk menyimpan file WordPress dan juga file website kamu, dan lagi kamu harus membayar biaya untuk membeli nama domain.

Tema

WordPress.org memiliki tema yang sangat terbatas, dan juga kamu tidak dapat memodifikasi file CSS atau kode lainnya.

Sedangkan WordPress.com memiliki banyak sekali dukungan tema baik yang gratis maupun yang premium. Dan kamu dapat memodifikasi CSS, hingga mendapatkan tampilan website yang kamu inginkan.

Plugin

Sangat disayangkan WordPress.org tidak dapat menggunakan plugin tambahan. Namun WordPress telah membekalinya fitur-fitur dasar yang lengkap.

Sedangkan WordPress.com dapat dipasang plugin gratis maupuan yang berbayar. Hal ini dapat digunakan untuk memaksimalkan potensi website WordPress kamu.

Monetasi

Monetasi atau mendapatkan uang bisa dilakukan dari website atau blog yang kita miliki. Dengan WordPress kita juga bisa mendapatkan uang, namun untuk WordPress.com sangat terbatas. Website dengan jumlah pageviews 25.000 per bulan baru bisa menggunakan fitur Ad Control untuk mendapatkan uang dari iklan.

Sementara untuk WordPress.org, kita bebas untuk menambahkan jaringan iklan pada website kita seperti Google Adsense dan lain sebagainya.

Perawatan

Pada WordPress.com kita tidak perlu khawatir akan perawatan website, karena WordPress langsung yang akan mengurusnya, mulai dari update versi terbaru, backup, optimasi dan lainnya.

Sementara untuk WordPress.org, kamu harus melakukan semua hal tersebut sendiri. Namun jangan khawatir ada banyak forum dengan pengguna yang bisa membantu jika kamu mengalami masalah.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas