Memperbaiki Error File Pluggable.php di WordPress

Apakah kamu pernah mengalami error file pluggable.php di website WordPress kamu? Kadang-kadang ketika kamu menambahkan code snippet pada website WordPress kamu atau mengaktifkan plugin baru, mungkin kamu pernah mengalami error file pluggable.php. Pada artikel kali kami, kami akan menunjukan cara untuk memperbaiki error file pluggable.php di WordPress.

Kapan dan Mengapa Kamu Mengalami Error File Pluggable.php?

WordPress memungkinkan pengguna dan plugin untuk menimpa fungsi core tertentu, fungsi-fungsi ini berada di file pluggable.php.

Jika plugin WordPress atau code snippet gagal untuk mengoreksi penanganan salah satu fungsi ini, maka kamu akan melihat error file pluggable.php, seperti gambar dibawah ini.

Memperbaiki Error File Pluggable.php di WordPress

Kadang kamu masih bisa untuk melanjutkan kerja kamu di website WordPress ini atau kamu kada mengalami error yang muncul pada area admin.

Memperbaiki Error File Pluggable.php di WordPress

File pluggable.php merupakan file core dari WordPress, bukanlah ide yang bagus untuk mengedit file ini sebagai pilihan utama, meski ada error yang menunjukan kesana. Kebanyakan error berasal dari lokasi yang berbeda.

Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at /home/username/demosite/wp-content/themes/mytheme/functions.php:1035) in /home/username/demosite/wp-includes/pluggable.php on line 1179

Untuk memperbaiki masalah ini, lihatlah lokasi pertama yang disebutkan pada pesan error. Dalam contoh di atas, sumber error adalah file functions.php pada line 1035. Ini berarti kamu harus mengedit file functions dan mengganti atau menghapus kode (line 1035) yang menyebabkan error tersebut.

Terkadang error sudah ada pada header yang disebabkan oleh kelebihan ‘space’ setelah menutup tag php ?>, jadi kamu bisa menghapus ‘space’ tersebut, dan kemungkinan akan memperbaiki masalah ini.

Contoh lainnya:

Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at /home/username/demosite/wp-content/plugins/some-plugin-name/some-plugin.php:144) in /home/username/demosite/wp-includes/pluggable.php on line 1090

Pesan error ini menunjukan bahwa plugin yang menyebabkan website WordPress menjadi error. Jadi cara yang paling gampang adalah dengan menonaktifkan plugin tersebut, dan kamu bisa memberitahukan kepada pembuat plugin tersebut.

Pada kebanyakan kasus error File pluggable.php bukan disebabkan oleh file itu sendiri. Error tersebut biasanya disebabkan oleh potongan code yang ditambahkan pada file functions.php, atau coding plugin dan tema yang kurang baik. Cara yang paling mudah adalah menghapus atau mengedit kode tersebit, atau menonaktifkan plugin atau tema dan error akan hilang.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas