Cara Menghapus Cache WordPress

Cara Menghapus Cache WordPress

Menurut KBBI, Cache artinya tempat untuk menyembunyikan bahan makanan atau perlengkapan-perlengkapan. Pada dunia internet cache juga berarti tempat untuk menyembunyikan atau menyimpan, tetapi yang disimpan adalah dokumen web seperti halaman HTML, gambar dan lainnya pada komputer pengguna, sehingga dapat mengurangi penggunaan bandwidth, server load dan halaman web menjadi lebih cepat terbuka.

Apa itu Cache WordPress dan Cara Menghapus Cache WordPress?

Solusi caching adalah menyimpan file statis dari website WordPress kamu, seperti misalnya file multimedia (foto, video dan lainnya) dan juga script PHP, hasilnya akan mempercepat kinerja website kamu.

Ada banyak solusi caching yang tersedia, seperti memasang plugin cache, yang paling popular untuk WordPress adalah WP Super Cache dan W3 Total Cache. Plugin tersebut menawarkan tampilan yang simpel untuk penggunaan yang mudah dalam mengatur cache, dan juga menghapus cache WordPress.

Atau kamu juga bisa menggunakan layanan CDN, seperti MaxCDN, layanan ini memang untuk menyimpan copy dari konten statis website kamu, dan mendistribusikannya ke berbagai data center-nya.

Serta layanan keamanan seperti Sucuri atau CloudFlare, selain meningkatkan keamanan website WordPress kita, layanan ini juga dapat membuat cache untuk mempercepat website kita dan mengurangi waktu downtime, pengunjung tetap dapat mengunjungi website kamu.

Dan juga web browser yang digunakan pengguna akan menyimpan cache dari website kamu, sehingga pengguna dapat lebih cepat membuka halaman pada website kamu.

Secara keseluruhan cache merupakan salah satu solusi untuk mempercepat kinerja website kamu dan juga meningkatkan pengalaman pengunjung. Namun, terkadang hal ini bisa menimbulkan masalah seperti misalnya kamu baru post artikel baru atau melakukan perubahan apapun pada website, perubahan tersebut tidak akan tampil seketika setelah kita memperbaharuinya. Kita harus menunggu beberapa saat yang dapat membuat frustasi, atau bisa juga dengan menghapus cache WordPress.

Ada beberapa cara untuk menghapus cache WordPress.

1. Bersihkan Cache Browser

Yang paling pertama adalah dengan menghapus web browser yang kita gunakan. Karena kebanyakan aplikasi web browser menyimpan konten statis seperti stylesheet, JavaScript, dan gambar dari website. Untuk mempercepat website kamu terbuka.

Tergantung dari aplikasi web browser yang kamu gunakan, biasanya untuk menghapus cache ada pilihan dari menu setting.

2. Menghapus Cache WordPress dengan Plugin

Plugin yang sudah disebutkan di atas, WP Super Cache dan W3 Total Cache juga menyediakan pilihan untuk menghapus cache.

Untuk WP Super Cache, masuk ke Settings-> WP Super Cache dan klik pada tombol ‘Delete Cache.’

Untuk W3 Total Cache, masuk ke Performance-> Dashboard dan klik tombol ‘Empty all caches.’

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas