Menganalisa Website WordPress Dengan Google Analytics WD

Menganalisa Website WordPress Dengan Google Analytics WD

Melacak traffic atau lalu lintas dan menganalisa laporan website atau blog kamu, dapat memberi kamu informasi yang berharga bagaimana website kamu berjalan, apa yang diklik paling banyak oleh pengunjung kamu, apa yang mereka cari, dan banyak data lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari hal tersebut.

Google Analytics merupakan tool dari Google yang dapat memberikan kamu data statistik, mengumpulkan, menganalisa ann membuat laporan data. Tool ini menjadi pilihan pertama dari jutaan pemilik website, profesional digital marketing hingga pengguna biasa, yang memungkinkan mereka untuk mengukur dan sepenuhnya memantau kinerja dari website atau blog mereka.

Jika kamu ingin mendapatkan gambaran penuh statistik dari website atau blog kamu langsung dari halaman dashboard WordPress, kamu bisa memasang plugin yang bernama Google Analytics WD. Plugin ini menjadi anggota yang tersertifikasi dari Google Analyctics Technology Partner Program, dan membawa paket lengkap dari fitur analisis ke website WordPress kamu.

Plugin WordPress Google Analytics ini dibedakan dengan pilihan pelaporan custom, yang memungkin pilihan pelaporan kustom. Sehinga kamu dapat tetap melacak statistik website atau blok kamu dalam yang yang paling nyaman dengan kamu.

Berikut ini adalah cara untuk pasang Google Analytics di WordPress dengan menggunakan plugin yang bernama Google Analytics WD.

Cara Pasang Google Analytics WD

Untuk mendapatkan plugin Google Analytics WD dan menjalankannya, tentu saja hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendowload plugin tersebut dari direktori resmi WordPress. Plugin ini bisa kamu gunakan tanpa biaya, dan juga tersedia fitur tambahan.

Setelah kamu mengaktifkan plugin ini, kamu akan ditanya mengenai ototentikasi akun, yang memungkinkan akses ke plugin yang terhubung dengan akun Google Analyctic. Dan kamu perlu men-submit tracking-cdoe dan kamu siap untuk meluncur.

Tracking

Setelah kamu memasukan kode, plugin akan melacak halaman website, dimana kamu dapat meng-enable/disable beberapa pilihan tracking web, seperti anonymize IP Addres, tracking download, mailing link, outbound click, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat membuat dimensi pelacakan tertentu, yang memungkinkan untuk mengumpulkan dan menganalisa data, yang Google Analytics tidak secara otomatis melacaknya. Sebagai contoh kamu bisa melacak data dengan dimensi tertentu seperti user yang sedang login, post author, post type dan tahun mempublikasikanya, sehingga kamu dapat mengetahui post yang paling banyak dibaca, atau author mana yang paling menarik pengunjung.

Kamu juga bisa untuk menambahkan tracking eksklusif, dimana kamu dapat meng-exclude pelacakan dengan role, pengguna tertentu dan tidak termasuk semua interaksi dari mereka di dalam statistik.

Report atau Laporan

Fungsi laporan dari plugin ini terbilang lengkap, memungkinkan kamu untuk mengetahu dari setiap aktivitas pada website atau blog kamu. Laporan ini dimana kamu dapat menemukan dan menganalisa laporan website atau blog kamu. Dalam laporan ini ada banyak tipe seperti user, audience, demografis, teknologi, traffic source, site speed, SEO dan masih banyak lagi.

Google Analytics WD merupakan plugin WordPress Google Analytics yang paling canggih yang ada, plugin ini datang dengan serangkaian fitur yang unik.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas