5 Standar Keamanan WordPress Yang Membuat Website Menjadi Aman

5 Standar Keamanan WordPress Yang Membuat Website Menjadi Aman

5 Standar Keamanan WordPress Yang Membuat Website Menjadi Aman

WordPress menjadi content management system atau CSM yang paling banya digunakan di internet. Setiap individu bahkan yang tidak memiliki kemampuan pada web design tetap dapat membuat website dengan tampilan yang cantik. Asalkan menyiapkan dana yang cukup untuk membeli theme premium yang cantik yang sesuai dengan tema website.

Setelah membangun website yang cantik dan menjadi semakin popular dengan pengunjung yang semakin meningkat. Masalah baru yang akan muncul adalah masalah keamanan, dimana mungkin kesempatan website kamu menjadi target serangan semakin besar.

Namun tenang saja selama kamu menjaga standar keamanan WordPress dibawah ini, kamu dapat melindungi website kamu dari berbagai serangan.

1. Hati-Hati Dalam Memilih Plugin

Plugin merupakan komponen terbesar WordPress yang menjadikannya sukses, dimana dengan plugin dapat menambah berbagai kemampuan baru pada website kamu. Namun plugin ini juga bisa menjadi celah bagi website kamu untuk diserang.

Standar keamanan WordPress yang pertama harus kamu terapkan adalah ketika memilih plugin harus sangat hati-hati sekali. Download plugin hanya dari perpustakaan resmi WordPress, dan pilih plugin yang memiliki rating dan komentar yang sangat bagus.

2. Update Secara Berkala

Standar keamanan WordPress selanjutnya adalah dengan mengupdate software WordPress yang kamu gunakan secara ruti, hal ini langkah yang besar untuk menjaga keseluruhan keamanan. Tidak hanya memperbaiki bugs yang ada di sistem, tetapi juga update hadir bersama dengan patch untuk memperbaiki celah keamanan.

Tidak hanya sistem inti WordPress yang diperbaharui, kamu juga harus rutin mengupdate theme dan plugin yang ada di website kamu.

3. Jangan Gunakan Admin

Admin merupakan nama login standar untuk masuk ke Area Admin atau Dashboard setelah instalasi WordPress, yang berarti semua orang sudah mengetahui setengah dari informasi login website kamu. Jika tidak menggantinya hacker tidak menggunakan serangan Brute Force untuk menebak passwordnya.

Untuk itu kamu harus mengganti nama login atau username admin dengan nama lain, dan jangan lupa untuk mengingat nama login ini. Dan jika kamu mempunyai beberapa website WordPress, kamu harus menggunakan nama admin yang berbeda-beda.

4. Gunakan Password Yang Sulit

Setelah mengganti nama admin, kini kamu harus membuat password untuk admin dan pengguna lain dengan kombinasi yang sulit ditebak. Jangan buat password seperti 11223344, tanggal lahir, atau apapun yang mudah ditebak.

Jika ingin membuat password yang sulit ditebak, bisa menggunakan aplikasi password generator. Dan untuk mengingat password bisa menggunakan aplikasi password manager seperti LastPass.

5. Pertimbangkan Menggunakan Two-Factor Authentication

Standar keamanan WordPress terakhir yang bisa kamu terapkan adalah dengan menambahkan two-factor authentication ketika login. Dengan ini, setelah memasukan password, kamu akan diminta untuk memasukan kode tambahan yang dikirim melalui SMS atau email.

Default-nya sistem WordPress tidak memiliki fungsi two-factor authentication, namun kamu bisa menggunakan plugin.

Kesimpulan

Banyak pemilik website WordPress yang berasumsi bahwa mereka tidak perlu khawatir masalah keamanan. Banyak yang berpikir hanya website besar dengan jutaan pengunjung yang akan diserang. Padahal, hacker diluar sana mencoba untuk memaksa masuk ke website besar ataupun kecil. Untuk itu kamu harus selalu menjaga keamanan website kamu.

Karena sering kali orang-orang menyepelekan web hosting untuk websitenya, yang berujung websitenya lemot untuk diakses. Maka dari itu, pastikan Anda memilih web hosting yang memiliki kecepatan server dan kecepatan internet yang sangat cepat. Sehingga website Anda dapat diakses dengan cepat oleh pengunjung.

Selain itu, pastikan keamanan juga tak kalah diutamakan. Karena keamanan data Anda dalam server web hosting menjadi taruhan nyawa website Anda supaya tetap berjalan. Maka dari itu, pilih web hosting yang memiliki keamanan server yang sangat ketat dengan sistem keamanan yang berlapis sampai ke anti virus yang mampu menghalau segala macam virus.

Itu lah alasan kenapa Anda harus memilih Jakartawebhosting.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi https://www.jakartawebhosting.com yang menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Posted 
« »

Comments are closed.