Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website WordPress

Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website WordPress

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan: Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun website WordPress? Untuk software WordPress-nya kita bisa gunakan gratis tanpa biaya, namun ada biaya lain yang harus kita keluarkan, dimana biayanya ini relatif tergantung kebutuhan dan budget kita sendiri.

Pada post kali ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut, yang mungkin bisa membantu kamu untuk membuat budget untuk membangun website WordPress.

Biaya Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website WordPress

WordPress merupakan software open source, dimana kita bebas menggunakannya tanpa biaya. Jadi jika WordPress gratis, lalu dari mana biaya itu datang? Biaya website WordPress datang dari beberapa katergori berikut:

– Nama Domain
– WordPress hosting
– Desain atau tema
– Plugin.

Yang saya bahas adalah WordPress.org, bukan blog di WordPress.com. Jadi seperti website pada umumnya kita perlu yang namanya hosting untuk menyimpan semua file website, dan agar website kita bisa diakses dari internet.

Nama domain juga harus ada, nama domain merupakan alamat website kamu, seperti contohnya www.facebook.com. Dan kamu perlu membeli nama domain ini.

Jika kamu ingin membuat website profesional atau website bisnis atau mungkin saja website eCommerce, kamu perlu mendesain website kamu dengan profesional. Kamu bisa membeli tema premium dengan desain, fitur dan dukungan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan tema gratis. Selain itu untuk mendukung website kamu untuk memiliki kemampuan yang lebih baik, seperti menambah sistem pembayaran, SEO, kamu bisa membeli plugin premium, tentunya dengan fitur yang lebih baik dibandingkan dengan fitur yang ada pada plugin gratis.

Membuat Estimasi Biaya Untuk Membuat Website WordPress

Tentunya hal ini tergantung kebutuhan dari kamu atau bisnis kamu sendiri. Untuk range biayanya bisa bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Sangat penting kamu mengetahui tipe website apa yang akan kamu buat, dan apa saja yang kamu butuhkan karena hal ini akan mempengaruhi langsung biaya yang akan dikeluarkan. Seperti misalnya membangun blog, membangun website WordPress dengan fitur lebih banyak, website organisasi, atau website eCommerce.

Biaya Nama Domain

Untuk nama domain biaya yang dikeluarkan relatif tergantung dari ektensinya (.com, .co.id, .id, dan lain sebagainya), dan biayanya ini biasanya dibayar pertahun.

Jakartawebhosting.com menawarkan biaya domain mulai dari Rp65.000 – Rp4.900.000 (untuk domain premium) pertahun. Namun kami juga menawarkan domain gratis, jika berlangganan dengan paket hosting tertentu.

Biaya WordPress Hosting

Untuk WordPress hosting bisa memilih Linux Hosting. Jakartawebhosting.com menawarkan Linux Hosting untuk Personal dan Bisnis.

Untuk Personal Linux Hosting cocok untuk website pribadi, portfolio dan blogging. Dimana biayanya mulai dari Rp10.000 per bulan yang dibayar untuk tiga tahun. Bisnis Linux Hosting cocok untuk website perusahaan, dimana untuk biayanya mulai dari Rp70.000 per bulan yang dibayar untuk tiga tahun.

Biaya Tema dan Plugin

Biaya ini relatif tergantung dari biaya tema dan plugin yang ditawarkan dan juga yang kamu gunakan. Untuk mencari tema WordPress premium bisa mengunjungi website Themeforest.net. Sedangkan untuk plugin kamu bisa mengunjungi library resmi WordPress.

Harga tema bervariasi, di Themeforest harga yang ditawarkan mulai dari US$ 2, namun untuk tema yang bagus biasanya ditawarkan diatas US$ 30. Di website ini kamu bisa mencari tema berdasarkan kategori website kamu seperti blog / majalah, teknologi, edukasi, eCommerce, kreatif dan masih banyak lagi.

Untuk biaya plugin juga tergantung dengan kebutuhan dari website kamu. Dan satu lagi, kamu juga bisa menggunakan SSL. Ada SSL yang bisa kita gunakan gratis, namun jika website yang kamu bangun adalah website eCommerce disarankan menggunakan SSL berbayar.

« »

Comments are closed.