5 Plugin Backup WordPress Terbaik

5 Plugin Backup WordPress Terbaik

5 Plugin Backup WordPress Terbaik

WordPress merupakan software content management system atau CMS yang menjadi pilihan banyak orang atau organisasi untuk membangun website, baik website personal hingga website bisnis. WordPress menawarkan banyak fitur yang sangat baik, namun yang harus kamu selalu ingat bahwa ancaman keamanan siber selalu ada.

Selain ancaman serangan siber dari luar, beberapa kesalahan konfigurasi di backend juga dapat menjadikan masalah keamanan website kamu. Untuk itu, kamu harus selalu mempersiapkan skenario terburuk yakni dengan memiliki backup dari website kamu. Jika terjadi masalah pada website kamu, kamu dapat dengan mudah untuk me-restore-nya menggunakan file backup yang sudah dibuat.

Bagusnya WordPress menawarkan banyak sekali plugin termasuk plugin untuk melakukan backup. Kali ini saya akan pilihkan 5 Plugin Backup WordPress terbaik.

1. Plugin Backup WordPress Terbaik – BackUpWordPress

BackUpWordPress merupakan plugin yang kamu butuhkan jika ingin membuat backup secara otomatis dengan cara yang mudah dan andal. Setelah meng-instal dan mengaktifkan plugin ini, maka plugin ini akan langsung bekerja. Jika kamu ingin membuat jadwal backup tertentu, bisa masuk ke Tools-> Backups dan klik Settings dibawah default schedule.

Menariknya plugin ini menawarkan ekstensi integrasi ke penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan Windows Azure. File backup akan otomatis di simpan ke dalam penyimpanan cloud tersebut. Namun ekstensi ini berbayar.

2. Plugin Backup WordPress Terbaik – Duplicator

Duplicator tidak hanya merupakan plugin backup, plugin ini juga menyediakan tool yang diperlukan untuk migrasi website dan duplikasi. Caranya dengan menyimpan semua file website seperti plugin, themes, database, core file dan konten kedalam satu distributable package. Setelah membuat backup keseluruhan website kamu, kamu bisa memindahkan file zip ke hosting baru.

Namun Duplicator ini kurang cocok untuk newbie.

3. Plugin Backup WordPress Terbaik – VaultPress

Jika kamu ingin plugin dengan fungsi lebih dari sekedar melakukan backup, coba VaultPress. Sebagai tambahan, plugin ini mampu untuk membuat backup otomatis, dan plugin ini mampu untuk me-scan database dari malware, virus dan celah keamanan lain. Plugin ini juga memiliki perlindungan dari spam, untuk menjadi reputasi dan juga SEO dari website kamu.

Dan perlu kamu ingat, kamu perlu membayar biaya bulanan untuk menggunakan VaultPress dengan fitur-fitur keamanannya.

4. Plugin Backup WordPress Terbaik – UpdraftPlus

UpdraftPlus merupakan Plugin Backup WordPress yang popular. Plugin ini dapat melakukan backup, restore, migrasi dan kloning website kamu dengan satu klik. Plugin ini juga menyediakan advanced tool seperti database search dan site-wide control melalui UpdraftCentral.

Plugin ini gratis kamu gunakan, atau dengan membeli lisensi premium kamu bisa mendapatkan fungsi seperti mengenkripsi file backup, me-restore file backup dari plugin lain, upload file backup ke berbagai website dan banyak lagi.

5. Plugin Backup WordPress Terbaik – BlogVault

Satu hal yang lebih baik dari backup harian adalah backup secara real-time, dan fitur ini ditawarkan oleh BlogVault. Cara kerjanya adalah dengan membuat backup instan setiap kali kamu menyimpan perubahan pada website. Hal ini dapat memastikan kamu tidak akan kehilang proses pada saat pengembangan konten atau website.

BlogVault merupakan plugin premium dengan pembayaran pertahun.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

« »

Comments are closed.