Cara Membuat Sitemap di WordPress

Cara Membuat Sitemap di WordPress

Cara Membuat Sitemap di WordPress

Ketika membuat website, merupakan ide bagus untuk membuat rencana layout dari semua halaman dan bagian. Praktek ini dapat membantu memastikan pengalaman navigasi yang lebih mulus untuk pengunjung dan juga dapat mengelola konten secara lebih rapi.

XML sitemap, bagaimanapun, tidak dibuat untuk pengunjung manusia. Sebaliknya, mereka dibuat khusus untuk mesin crawler dari mesin pencari seperti Google Search yang menavigasi suatu website dan mengindkes halaman-halamannya. XML sitemap juga dapat mempercepat penemuan konten baru dan dapat memberikan website dorongan SEO.

Pada artikel kali ini saya membahas mengenai cara membuat sitemap di WordPress.

Cara Membuat Sitemap di WordPress – Menggunakan Yoast SEO

Cara termudah untuk membuat sitemap di WordPress adalah dengan menggunakan plugin SEO seperti Yoast SEO. Kamu dapat secara cepat meng-install plugin ini dari menu Plugins di Dashboard WordPress.

Yoast SEO merupakan plugin SEO terbaik untuk WordPress. Plugin ini menyediakan semua yang kamu butuhkan untuk on-page optimization. Termasuk untuk membuat sitemap di WordPress.

Untuk membuat sitemap di WordPress, login ke Dashboard WordPress lalu pilih menu SEO-> XML Sitemaps. Pastikan untuk memilih “Enable” dibawah XML sitemap. Setelah meng-Enable, kamu dapat XML sitemap dengan mengklik tombol XML Sitemap.

Salah satu keuntungan menggunakan Yoast SEO untuk membuat sitemap adalah konfigurasi yang mudah. Sebagai contoh, kamu dapat dengan mudah membuat user sitemap dengan meng-Enable fungsi “Author/user sitemap.” Dari sana kamu dapat secara spesifik memasukan user mana yang termasuk di sitemap seperti user tanpa post, administration, contributor, dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat menentukan tipe post yang akan dimasukan di sitemap. Selain dari post dan pages, kamu juga dapat memilih untuk menambahkan media, yang membuat gambar kamu lebih mudah dicari.

Dan, kamu juga dapat untuk tidak memasukan post dengan menggunakan post ID. Post ID ini bisa dilihat dari URL edit post, biasanya “wp-admin/post.php?post=44.”

Membuat HTML Sitemap

Selain membuat XML sitemap, kamu juga bisa dengan mudah membuat HTML sitemap dengan WordPress.

Untuk membuat HTML site, bisa menggunakan plugin terpisah yang bernama WP Sitemap Page. Install plugin tersebut dan aktifkanm lalu pilih Settings-> WP Sitemap Page.

Dengan plugin ini kamu juga bisa, memilih post dan page tertentu yang tidak dimasukan kedalam sitemap.

 

Apabila Anda sedang mencari web hosting yang cepat dan handal untuk Anda gunakan pada website, Anda bisa mengandalkan //www.jakartawebhosting.com sebagai web hosting terpercaya Anda. Karena Jakartawebhosting.com menyediakan web hosting Indonesia, web hosting dengan server yang menggunakan HDD maupun SSD yang sangat terjamin kecepatan dan sumber daya resourcenya. Anda cukup pilih mana yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli nama domain dengan harga domain murah se Indonesia di Jakarta Web Hosting Indonesia. Bila anda sebuah perusahaan, anda ingin menggunakan layanan Cloud Hosting? Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data serta server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu anda 24 jam setiap hari dan biaya langganan yang menarik.

« »

Comments are closed.