Tanda-Tanda Website WordPress Di Hacked

Tanda-Tanda Website WordPress Di Hacked

Tanda-Tanda Website WordPress Di Hacked

Mungkin kamu sering bertanya-tanya bagaimana tandanya website WordPress kita di-hacked? Ada beberapa tanda-tanda yang mengindikasi bahwa website WordPress di hacked, pada artikel kali ini saya akan menunjukannya.

1. Halaman Home di Defaced

Tanda yang paling terlihat yang menandakan website WordPress di hacked adalah halaman home yang di deface. Ketika kita mencoba mengunjungi website kita, tampilan halaman home telah diubah dan biasanya ada pesan dari si peretas, terkadang bahkan ada peretas yang mencoba memeras.

2. Traffic Tiba-Tiba Turun

Jika kamu masuk ke Google Analytic dan melihat traffice website kamu turun mendadak, hal ini bisa menjadi tanda website WordPress di hacked.

Ada banyak malware dan trojan diluar sana yang dapat membajak traffic website dan me-redirect-nya ke website spam. Alasan lain traffic turun tiba-tiba adalah website ditandai berbahaya oleh tool seperti Google safe browsing, pengunjung tidak jadi masuk karena ada peringatan berbahaya dari Google.

3. Tidak Bisa Login ke WordPress

Ketika kamu mencoba masuk ke dashboard website WordPress kamu, kamu tidak bisa login, padahal kamu yakin username dan password telah dimasukan dengan benar. Hal ini juga menjadi pertanda website di hacked, dan peretas mungkin telah menghapus akun admin atau mengganti password.

4. Akun Pengguna Misterius

Tiba-tiba saja website WordPress kamu memiliki banyak pengguna misterius, padahal mungkin kamu sendiri yang menjadi admin dan tidak pernah menambahkan pengguna baru. Jika kamu tidak pernah menambahkan pengguna baru, tinggal hapus saja akun pengguna bari tersebut.

5. File dan Script Misterius di Server

Ketika kamu masuk ke FTP, kamu menemukan ada file dan script misterius, biasanya file ini berada di dalam folder /wp-content/. Biasanya juga file ini memiliki nama dengan unsur WordPress, untuk membuat kita tidak curiga.

6. Website Menjadi Lambat dan Tidak Resfonsif

Banyak website yang telah menjadi korban serangan denial of service. Serangan ini menggunakan banyak komputer dan server yang telah di hacked dari seluruh dunia, untuk mengirimkan request ke server kamu, yang dapat membuat website kita down.

Jika website kamu melambat dan tidak responsif, bisa cek server log untuk mengetahui aktivitas di server.

7. Tidak Bisa Mengirim atau Menerima Email WordPress

Server yang telah di hacked biasanya digunakan untuk spam. Banyak pemilik website yang menggunakan mail server untuk mengirim email WordPress, jika kamu tidak bisa mengirim atau menerima email WordPress, bisa menjadi pertanda mail server kamu dibajak dan digunakan untuk mengirim email spam.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

« »

Comments are closed.