8 Plugin WordPress Terbaik Untuk Website Fotografi

8 Plugin WordPress Terbaik Untuk Website Fotografi

8 Plugin WordPress Terbaik Untuk Website Fotografi

Entah kamu adalah dokter, fotografer ataupun penulis lepas, WordPress selalu mempunyai tool yang kamu butuhkan untuk membangun website yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu tidak perlu mempekerjakan web developer profesional untuk membuat website kamu menarik, dengan beberapa plugin WordPress terbaik dan tema WordPress yang tepat kamu bisa membangun website yang menarik.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai 8 plugin WordPress terbaik untuk membantu kamu membangun website fotografi.

1. NextGeEN Gallery

Salah satu komponen penting dari website fotografi adalah galeri, bagaimana koleksi foto yang kita punya ditampilkan pada website. NextGEN Gallery, dapat membuat galeri dari koleksi foto kamu dengan beberapa tipe tampilan yang berbeda seperti thumbnail, slideshow, compact album, image browser, dan lainnya. Kamu dapat mengubahnya sesuai dengan tema yang sedang kamu gunakan.

2. Photo Gallery by WD

Photo Gallery by WD juga merupakan plugin untuk membuat galeri yang menjadi alternatif dari NextGEN Gallery. Plugin ini mudah digunakan dan memiliki kinerja yang cepat. Kita bisa dengan mudah menambahkan galeri baru langsung dari Post Editor. Keunggulan terbesar dari Photo Gallery by WD adalah galeri single-page.

3. FooGallery

Jika Tampilan visual dari NextGEN Gallery dan Photo Gallery by WD masih kurang memuaskan selera kamu, plugin selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah FooGallery. Plugin galeri ini menawarkan tampilan visual yang lebih keren.

4. Instagram Feed WD

Instagram merupakan salah satu platform media sosial terbaik untuk siapa saja yang ingin menyebarkan hasil fotonya. Dengan plugin Instagram Feed WD, kita bisa secara mudah mengimpor foto Instagra ke dalam galeri WordPress.

5. WP Smush

Sebagai fotografer tentunya kamu ingin menampilkan foto dalam resolusi aslinya yang berukuran besar. Namun sayangnya, gambar dengan ukuran yang besar sangat tidak baik untuk website. Alasan pertama menghabiskan kapasitas disk space, menghabiskan bandwidth, atau menyebabkan website menjadi berat.

Solusinya bisa memasang plugin WP Smush, yang dapat mengkompresi ukuran file gambar, tanpa mengurangi banyak kualitas dari gambar tersebut.

6. W3 Total Cache

Ada lagi solusi untuk mempercepat loading website fotografi kamu adalah dengan mengaktifkan cache. Cache ini menyimpan file website pada komputer pengunjung, jadi ketika pengunjung kembali mengunjungi website kamu, web browser yang digunakannya tidak perlu lagi men-download file yang sama dari server, tetapi mengambilnya dari cache.

Plugin yang bisa kamu gunakan adalah W3 Total Cache.

7. Image Watermark

Nah ini yang paling penting agar foto-foto hasil jepretan kamu tidak digunakan oleh orang lain. Plugin Image Watermark dapat secara otomatis atau manual untuk menambahkan watermark pada foto yang kamu upload ke WordPress. Kamu juga bisa menuntukan posisi dari watermark yang ingin ditambahkan. Dan menariknya, plugin ini menawarkan perlindungan lain yakni dengan menonaktifkan klik kanan, karena biasanya untuk men-download gambar harus mengklik kanan baru pilih save file. Dan juga menonaktifkan drag and drop.

8. Yoast SEO

Website fotografi juga membutuhkan SEO yang bagus, agar lebih banyak pengunjung yang mengunjungi website kamu. Yoast SEO merupakan plugin WordPress terbaik untuk SEO, yang dapat menambahkan meta data untuk setiap foto yang kamu upload agar mendapat ranking yang lebih bagus pada mesin pencari seperti Google khususnya adalah Google Image.

 

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

« »

Comments are closed.