Cara Menambah Efek Parallax ke Tema WordPress

Cara Menambahkan Efek Parallax ke Tema WordPress

Efek Parallax merupakan desain web yang sedang menjadi tren, dimana gambar background bergerak lebih lambat dari konten di foreground. Pada artikel kali ini, saya akan menunjukan cara menambah efek Parallax ke tema WordPress apa saja.

Apa Itu Efek Parallax?

Efek Parallax merupakan teknis desain web modern dimana element background bergerak lebih lambat dari konten yang ada di foreground. Efek ini menambah depth pada gambar background dan membuatnya terlihat interaktif.

Efek Parallax dapat digunakan pada landing pages, sales pages, homepage atau longform content. Cara ini efektif untuk membedakan halaman khusus.

Banyak tema WordPress premium yang sudah memiliki efek Parallax untuk homepage. Namun tidak semua tema memilikinya, dan jika kamu ingin menambahkannya cara yang paling mudah adalah dengan menginstal plugin.

Menambah Efek Parallax ke Tema WordPress dengan Plugin

Metode ini yang paling mudah dan direkomendasikan untuk kebanyakan pengguna, karena tentunya kamu tidak harus menambahkan kode apapun ke tema WordPress.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin yang bernama Advanced WordPress Backgrounds.

Cara Menambahkan Efek Parallax ke Tema WordPress

Setelah mengaktifkannya, untuk menambahkan efek Parallax, kamu harus mengedit page atau post yang ingin kamu tambahkan efek ini. Setelah mengaktifkan plugin ini, ada tombol baru di visual editor.

Klik icon “Advanced WordPress Backgrounds” di visual editor, yang akan memunculkan pop up, dimana kamu bisa mengatur settings untuk background.

Pada pop-up baru, pilih gambar yang kamu inginkan untuk menjadi background dengan mengklik tombol Select Image (pastikan menggunakan gambar yang besar), kemudian centang pada pilihan Strech.

Selanjutnya, pilih tipe Parallax (Type) dan sesuaikan kecepatannya (Speed), disini kamu bisa bereksperimen sesuai dengan yang kamu inginkan. Centang “Enable on Mobile Devices,” jika ingin mengaktifkannya pada perangkat mobile.

Klik tombol Insert untuk memasukannya ke page atau post.

 

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas