Apakah Plugin Yang Tidak Aktif Dapat Menurunkan Kinerja Website WordPress?

Apakah Plugin Yang Tidak Aktif Dapat Menurunkan Kinerja Website WordPress

Banyak pengguna WordPress termasuk saya sendiri, yang sering memasang berbagai plugin untuk mencoba fitur-fitur yang ditawarkannya. Jika tidak suka dengan plugin yang saya pasang sering kali saya deactive atau tidak mengaktifkannya, daripada langsung menghapusnya. Yang menjadi pertanyaan apakah plugin yang tidak aktif ini dapat menurunkan kinerja website WordPress kamu?

Apa Itu Deactivated Plugin di CMS WordPress?

Sebelumnya saya akan membahas terlebih dahulu mengenai plugin WordPress. Setiap kali men-download plugin baru, plugin ini tidak akan langsung aktif, kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan plugin, bisa dilakukan dari menu Plugins yang ada di Dashboard atau halaman admin WordPress. Pilih Activate untuk mengaktifkannya, dan Deactivate untuk menonaktifkannya.

Kita bisa menginstal berbagai plugin dan mengaktifkannya nanti, atau menonaktifkannya jika plugin yang telah kamu coba tidak berguna untuk kamu.

Selain mengaktifkan dan menonaktifkannya, dari menu Plugins, kita juga bisa menghapus plugin dengan mengklik Delete.

Apakah Deactivate Plugin Dapat Menurunkan Kinerja Website WordPress?

Langsung saja saya jawab, Tidak. Yup plugin yang tidak aktif tidak akan memperlambat kinerja website WordPress kamu. Setiap kamu pengunjung melakukan request halaman website WordPress kamu, WordPress memulainya dengan me-loading proses. Selama proses ini, hanya kan me-load plugin yang aktif saja di website WordPress kamu. Semua plugin yang tidak aktif akan diabaikan dan tidak akan dilihat sama sekali.

Meski kamu memiliki lusinan plugin yang terinstal namun tidak aktif, hal tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja website WordPress kamu.

Hanya ada satu halaman dari website WordPress kamu yang akan me-load semua plugin yang terinstal meski tidak aktif, satu-satunya halaman tersebut adalah halaman menu Plugins. Dan itu juga yang di-load hanya file header-nya saja, bukan keseluruhan plugin.

Jadi jika kinerja website WordPress kamu melambat bukan karena banyaknya plugin yang tidak aktif. Lain cerita jika kamu mengintsall banyak plugin dan kamu aktifkan semuanya padahal kamu tidak menggunakan semua plugin ini, hal ini malah akan membebani website kamu.

Apakah Harus Menghapus Plugin Yang Tidak Aktif di WordPress?

Alasan kenapa kamu tidak menghapus plugin yang tidak aktif, mungkin kamu akan menggunakan plugin ini di masa mendatang. Atau ingin mencoba plugin lain dengan fungsi yang sama, jadi kamu aktifkan plugin tersebut untuk sementara.

Jika memang kamu benar-benar tidak menggunakan plugin ini, lebih baik kamu hapus saja.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas