Plugin WordPress Terbaik Untuk Membuat Forum Online

Plugin WordPress Terbaik Untuk Membuat Forum Online

Membuat bagian forum online tersendiri untuk website kamu dapat menambahkan berbagai keuntungan tersendiri. Kamu dapat membangun komunitas yang merupakan salah satu cara efektif untuk mengikat pengunjung website kamu dan memberikan mereka rasa memiliki. Forum juga dapat menyediakan website traffic harian, karena anggota komunitas ini dapat berkomunikasi, melakukan tanya-jawab atau berbagi konten yang menarik.

Seiring dengan komunitas online yang semakin berkembang, lebih banyak pengguna yang sering kembali dan menjawab pertanyaan atau merespon dari apa yang dikatakan oleh anggota lainnya.

Dengan CMS WordPress, selain membuat website utama kita juga bisa menambah bagian forum tersendiri dengan menggunakan plugin. Pada post kali ini, saya akan memberi tahu beberapa plugin WordPress terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membuat forum online.

1. BuddyPress

BuddyPress dapat saya katakan sebagai plugin WordPress terbaik untuk membuat forum online. Plugin ini dapat membangun forum online dengan fitur media sosial, dan kamu bisa membangun komunitas online dalam hitungan menit.

Plugin ini menawarkan proses setup dengan tiga langkah utama yang mudah dilakukan. Setting komponen, mengatur komponen untuk halaman, dan mengatur settings.

Setting komponen, disini kamu bisa memilih fitur-fitur yang ingin kamu gunakan seperti user profile, private messaging, activity stream dan notification. Dan juga kamu bisa menambahkan fitur seperti media sosial, yakni memungkinkan anggota forum untuk mengirimkan form pertemanan.

Plugin ini juga menawarkan fitur Groups, anggota terdaftar dari forum dapat membuat grup yang beranggotakan mereka yang sudah terdaftar di forum. Dan juga fitur custom email messages, pemberitahuan jika ada permintaan anggota grup, mention, comment replies dan sebagainya, yang akan dikirimkan ke email.

2. DW Question & Answer

Jika komunitas yang kamu buat lebih bertujuan agar sesama anggota bersama mencari solusi permasalahan yang sedang dihadapi oleh anggota lainnya, maka plugin WordPress terbaik yang bernama DW Question & Answer cocok untuk website kamu.

Dari namanya kamu harusnya bisa menebak bahwa plugin ini dapat menambahkan bagian Q&A atau tanya jawab di website kamu. Anggota dapat membuat pertanyaan untuk mencari solusi dari masalahnya, dan siapa saja anggota lain dapat memberikan solusi dari pertanyaannya itu.

Setelah memasang dan mengaktifkan plugin ini, kamu bisa membuat halaman Questions List Page dan Ask Questions Page, dimana pengguna dapat mencari pertanyaan atau jawaban yang mereka post.

Plugin ini juga menyediakan berbagai fitur seperti manual question approval, sebelum pertanyaan di-post, kamu bisa me-review pertanyaan tersebut, jika sesuai maka kamu bisa langsung mem-posting pertanyaan tersebut, jika tidak sesuai kamu bisa memeberitahukan mereka untuk memperbaikinya atau menghapusnya.

3. BBPress

BBPress merupakan plugin yang fokus untuk diskusi, dengan fitur ini kamu bisa membuat forum online dengan atribut seperti parent cattegories, visibility dan open status.

Setelah forum kamu jadi, pengguna dapat membuat posting topik ataupun membalas topik. Kamu juga bisa memonitor aktivitas seperti topik dan balasan dari dashboard utama.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas