Cara Update Plugin WordPress Melalui FTP

Mungkin kamu ingin update plugin WordPress secara manual menggunakan FTP. Karena ada beberapa kasus ketika update langsung dari halaman malah terjadi error yang menyebabkan website WordPress kamu menjadi rusak. Sau-satunya cara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan melakukan update secara manual melalui FTP.

Pada post kali ini saya akan menunjukan cara untuk update plugin WordPress secara manual melalui FTP.

Update Plugin WordPress Secara Manual Menggunakan FTP

Pertama tentunya kamu harus memiliki aplikasi FTP client, yang saya gunakan di sini adalah FileZilla, tetapi tentunya kamu dapat menggunakan yang lain.

Untuk menghubungkan ke server website kamu melalui FTP tentunya kamu harus tahu mengenai nama dari host kamu, dan juga harus ingat username beserta passwordnya.

Jika kamu tidak tahu username dan passwordnya, buka kembali email kamu dan cari email dari penyedia hosting yang kamu gunakan. Atau jika memang sudah hilang bisa meminta bantuan kepada penyedia web hosting.

Setelah terkoneksi ke server website kamu dari FTP, terus masuk ke dalam folder /wp-content/plugins/.

Sekarang cari file plugin WordPress yang ingin kamu update atau pasang baru. Cari file plugin WordPress hanya dari situs resmi WordPress di alamat https://wordpress.org/plugins/download-plugin/.

Cari file plugin yang diinginkan lalu klik download. Biasanya file plugin ini berbentuk .zip. Jika sudah selesai mendownloadnya, ekstrak file .zip.

Sekarang kembali ke tool FTP client, di folder /wp-content/plugins/, cari folder yang namanya sama dengan folder yang tadi kamu ekstrak. Setelah ketemu rename folder plugin ini dengan tambahan misalnya -old. Lalu klik kanan folder ini dan download sebagai backup.

Setelah folder di-download, delete folder ini yang ada di dalam folder plugins.

Masih di folder plugins, sekarang di panel kiri yang local site, cari folder di mana tadi kamu mengekstrak file zip plugin WordPress. Setelah menemukan pluginnya ini tinggal klik kanan pada folder plugin dan pilih upload. Dan file plugin akan di-upload ke dalam folder plugins di server.

Setelah folder ter-upload, sekarang buka halaman admin dashboard dari website WordPress kamu. Lalu masuk ke menu Plugins, dan lihat apakah plugin kamu sudah terpasang atau belum. Jika sudah terpasang, sekarang klik tombol Activate untuk mengaktifkannya.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas