Cara Instal Ulang WordPress dan Konten Tetap Aman

Jika kamu memiliki masalah dengan website WordPress kamu, salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan cara instal ulang WordPress untuk memastikan file yang rusak diperbaiki. Namun yang menjadi masalah, apakah dengan instal ulang akan menghapus semua konten yang sudah ada sebelumnya (seperti artikel, gambar, tema, plugin)?

Pada post kali ini saya akan menunjukan cara instal ulang WordPress tanpa menghilang konten-konten yang telah ada sebelumnya.

Cara Instal Ulang WordPress dari Dashboard

Jika kamu masih bisa menghapus halaman admin dashboard website WordPress kamu, maka cara pertama ini pas untuk kamu. Cara instal ulang WordPress dari dashboard sangat mudah.

Pertama login ke halaman admin dashboard, masuk ke Dashboard-> Updates pada menu disisi kiri. Tinggal klik tombol Re-instal Now yang ada di halaman sebelah kanan, untuk menjalankan proses instal ulang WordPress.

Cara Instal Ulang WordPress

Akan membutuhkan waktu beberapa saat, tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah selesai kamu akan mendapatkan copy yang benar-benar baru dari WordPress dan kamu juga langsung menggunakan versi WordPress yang paling baru. Dan tentunya cara ini tidak akan menghilangkan konten yang ada.

Cara Instal Ulang WordPress dari FTP

Jika tidak bisa masuk ke halaman admin dashboard WordPress, cara yang kedua adalah dengan menggunakan FTP. Untuk detil login ke akun FTP website WordPress kamu bisa menghubungi pihak penyedia web hosting dimana kamu berlangganan, dan untuk mengaksesnya bisa menggunakan aplikasi seperti Filezilla.

Langkahnya:

  • Download file WordPress terbaru dari website resminya.
  • Ekstrak file ZIP yang tadi di download.
  • Pada hasil ekstraknya, hapus folder /wp-content/ dan juga file wp-config-sample.php.Cara Instal Ulang WordPress
  • Buka aplikasi Filezilla, dan login sesuai dengan detik akun FTP kamu.
  • Sekarang upload semua hasil ekstrak ke folder public atau public_html.
  • Karena target sudah ada file-file yang sama, pilih Overwrite untuk menimpanya.Cara Instal Ulang WordPress
  • Setelah selesai upload file WordPress, sekarang kamu akan mendapatkan instalan WordPress yang baru.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas