Tips Membuat Password Yang Kuat Untuk Melindungi Website

Tips Membuat Password Yang Kuat Untuk Melindungi Website

Semua yang kamu lakukan di internet saat ini membutuhkan password, hal ini sangat wajar karena memang jumlah serangan hacker, malware dan sejenisnya juga semakin meningkat. Tidak heran banyak tips yang menyarankan untuk membuat password yang kuat untuk semua akun yang kamu miliki di internet.

Pada post kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk membantu kamu membuat password yang kuat.

Tips 1: Belajar Dari Anak Alay

Maksud saya bukan berarti kamu harus belajar untuk menjadi anak alay, tetapi coba kamu pelajari gaya penulisannya ketika mereka update status. Sebagai orang Indonesia pun terkadang kita kesulitan untuk membaca status anak alay, mungkin hacker juga akan sulit untuk membobol password dengan gaya penulisan ini.

Beberapa contoh yang dilakukan oleh mereka adalah mengganti huruf E menjadi 3, A menjadi 4, huruf O menjadi angka O, huruf K menjadi Q, huruf I menjadi 1 dan lain sebagainya.

Mungkin kamu bisa membuat password dengan gaya mereka seperti misalnya: “Saya sayang kamu” dibuat menjadi password seperti “4qus4y4n9qmu.”

Tips 2: Menggunakan Kalimat

Biasanya agar gampang mengingat password, kebanyakan dari kita menggunakan satu kata, tentunya password seperti ini mudah ditebak apalagi jika katanya sangat umum.

Tips nomor 2 untuk membuat password yang kuat adalah membuat kalimat yang tentunya mudah kamu ingat, dan kamu harus ingat selamanya. Misalnya membuat kamu membuat akun di tahun 2017, bisa buat kalimat seperti “Tahun 2017 cinta bersemi.” Kalimat ini bisa kamu kombinasikan dengan tulisan alay, dan password-nya bisa seperti ini “2ri8u17cint4b3rs3m1.”

Seperti itulah tipsnya, tinggal kamu rangkai saja kalimat-kalimat yang melintas dipikiran kamu dan kamu ubah menjadi password ala anak alay. Dan pastikan kamu mudah untuk mengingatnya.

Pastikan halaman admin website WordPress kamu dan juga akun hosting dilindungi dengan password yang kuat. Agar website WordPress kamu tidak mudah terkena serangan siber.

Tips 3: Multi-factor Authentication

Ini hanya tips tambahan saja untuk memastikan akun kamu benar-benar aman. Sekarang sudah banyak website yang menambahkan fitur multi-factor authentication. Seperti akun Google.

Google menawarkan fitur multi-factor authentication, dimana pengguna bisa menambahkan faktor tambahan selain password untuk dapat login ke akun mereka. Seperti memasukan kode tambahan yang dikirim lewat SMS atau email, dan juga mengkonfirmasi melalui perangkat Android dan lainnya.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

webhosting berkualitas