Mengenal Nama Domain dan Komponen Dasar Nama Domain

Mengenal Nama Domain dan Komponen Dasar Nama Domain

Ketika kita membuat sebuah website, kriteria yang mutlak supaya website bisa diakses oleh semua orang di mana pun dan kapan pun melalui internet ialah mempunyai web hosting dan satu lagi ialah mempunyai domain name yang merepresentasikan website Anda. Pada post kali ini saya akan menjelaskan jauh lebih detail hal yang mengenai nama domain atau domain name.

Mengenal Nama Domain atau Domain Name

Diibaratkan rumah, tanah itu ialah sebuah jaringan internet, rumah ialah sebuah jasa layanan web hosting, isi rumah ialah sebuah data-data website yang ingin ditampilkan isi-isi websitenya, sedangkan domain name ialah alamatnya rumah Anda supaya orang lain dapat menemukan website Anda. Jadi, secara kesimpulan yang singkat, web hosting itu ialah sebuah tempat yang berguna untuk menyimpan file-file website supaya website bisa berdiri dan diakses oleh siapa saja melewati jaringan internet. Dan guna mengakses situs ini tentunya pengunjung memerlukan alamat guna mengunjunginya, domain name berikut yang adalah alamat dari sebuah website.

Beberapa hal misal domain name terkenal seperti website mesin pencarian Google.com, website media sosial Facebook.com, website sumber ilmu pengetahuan Wikipedia.org, website marketplace Tokopedia.com dan masih banyak lagi jenis website yang berada di internet dan sebagainya. Seperti yang dapat kita lihat nama domain, terdiri dari nama dari domain dan sebuah ekstensi, namanya misalnya ialah Facebook dan ekstensinya ialah .com.

Ekstensi domain name ini pun dikenal dengan istilah top-level domain (TLD). Di mana pada ketika kita melakukan pendaftaran nama domain, di samping mengisi nama domain uniknya, kita pun harus memilih TLD-nya. Ada tidak sedikit ekstensi TLD yang ditawarkan mulai dari yang sangat umum seperti .com, .org, sampai TLD dengan kode negara atau contry code top-level domains (ccTLD) seperti .co.id dan .id sebagai ekstensi nama domain negara Indonesia.

Dan perlu diketahui secara baik, bahwa nama domain tersebut adalah nama yang bersifat sangat unik. Jadi andai sudah ada situs dengan domain name Facebook.com, maka kita telah tidak dapat mempunyai nama yang sama, namun kita mempunyai peluang untuk memilikinya dengan terus mencari nama domain yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Domain name tersebut sistemnya ialah membeli guna jangka masa-masa tertentu yang umumnya ialah 1 tahun sampai 10 tahun. Jika bisnis tidak memperpanjang domain name-nya setelah berakhir masa kontrak, maka siapa saja dapat membelinya. Tetapi tidak langsung setelah berakhir kontraknya.

Pemilik lama masih diberikan sejumlah kesempatan 0-45 hari sesudah masa kontrak habis, yang bakal masuk ke dalam masa Renewal, disini empunya masih dapat memperpanjang masa kontraknya. Jika setelah tersebut tidak pun diperpanjang, masuk ke masa Redemption, andai pemilik lama hendak mendapatkan domainnya kembali mesti menunaikan lebih mahal (10x lipat), lamanya sampai 30 hari. Jika masih belum diperpanjang masuk ke masa Pending Delete sekitar 5 hari, yang adalahpersiapan guna menghapusnya, empunya lama masih dapat mendaftarkan pulang domainnya dengan ongkos tambahan. Dan andai masih belum pun diperpanjang domain bakal dihapus dan terdapat untuk siapa saja.

Jadi sesudah mempunyai nama domain, tidak boleh lupa untuk terus menerus memperpanjangnya supaya anda tidak kehilangan domain tersebut. Untuk melakukan pembelian nama domain, kamu bisa membelinya dari penyedia jasa web hosting, yang seringkali juga meluangkan pendaftaran domain yang sangat murah.

Seperti pada https://www.jakartawebhosting.com/domainname/ yang menyediakan pendaftaran domain yang sangat murah

webhosting berkualitas