Tips Memilih Plugin WordPress Yang Aman dan Tepat

Tips Memilih Plugin WordPress Yang Aman dan Tepat

WordPress menjadi CMS yang favorit salah satu sebabnya adalah karena WordPress memiliki plugin yang sangat banyak sekali yang dibuat oleh para komunitasnya untuk dapat digunakan oleh banyak orang. Tapi sebagai pengguna harus tetap selalu berhati hati dalam menggunakan hal yang dibuat oleh para komunitas, walau pada dasarnya suatu plugin dibuat untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan pengguna wordpress, namun diantaranya cukup banyak yang tidak perlu digunakan. Tentu banyak faktor kenapa suatu plugin tidak cocok untuk digunakan, mungkin alasan versi wordpress yang sudah tidak kompatibel, penggunaan versi PHP dan lain sebagainya.

Belum lagi terdapat banyak sekali plugin yang sangat berbahaya di wordpress respository yang akan membahayakan website Anda. Hal ini dikarenakan sistem filter plugin yang kurang begitu memperhatikan keamanan. Belum lagi dengan plugin yang seharusnya membayar lisensi untuk menggunakannya alias premium penggunaannya muncul gratis pada instalasi plugin WordPress. Dari sini lah para pelaku pelaku kejahatan memanfaatkan kesempatan untuk melakukan kejahatan melalui plugin yang mereka buat untuk menjebak para pemilik website, yang kemudian akan melakukan sesuatu seperti tindakan cyber crime melalui website yang menginstal plugin mereka.

Pada umumnya, plugin yang terdapat pada instalasi plugin WordPress harus kita review sendiri dan mencari tahu sendiri kualitas pluginnya dengan rating dan comment atau pun seberapa update si pembuat plugin mengupdate plugin tersebut. Apa bila Anda melihat terdapat rating yang baik, review comment yang baik dan kompatibilitasnya pun cocok dengan versi WordPress yang terbaru. Maka Anda bisa menginstal dan mengaktifkannya. Apa bila ada issue, bug, atau pun masalah bisa segera melaporkannya ke si pembuat plugin.

Ada beberapa pertimbangan yang sekiranya dapat anda pilih dalam dalam menggunakan suatu plugin :

  1. Perhatikan apakah plugin tersebut kompatibel dengan versi wordpress yang anda gunakan atau tidak. Untuk plugin yang terdaftar di wordpress.org, disana diberikan informasiĀ  tentang batas kompatibel pemakaian plugin tersebut sampai wordpress versi berapa. Apabila keterangan yang ada tidak menuliskan sampai ke versi wordpress yang anda gunakan, anda wajib mempertimbangannya karena kemungkinan bisa menimbulkan dampak yang negatif bagi blog anda.
  2. Perhatikan jumlah keterangan yang ada, semakin banyak yang mengatakan itu bekerja dengan baik berarti kemungkinan plugin tersebut tidak ada masalah. Sebaliknya, apabila banyak orang yang mengatakan bahwa plugin tersebut tidak bekerja untuk blog mereka, maka kemungkinan besar plugin tersebut bermasalah.
  3. Perhatikan jumlah rating (dilambangkan dengan bintang) untuk plugin tersebut, semakin banyak jumlah rating berarti semakin terpercaya.
  4. Kunjungi halaman dari pembuat plugin tersebut, apakah dia support akan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan atau tidak.
  5. Perhatikan versi PHP yang diperlukan, ini ada kaitannya dengan penggunaan versi PHP yang digunakan hosting anda.
  6. Dan indikator-indikator lainnya.

Hindari plugin yang membebani web hosting

Ada beberapa plugin wordpress yang sangat memakan resource yang besar dari web hosting anda, seperti WpRobot, SEO Search Tagging, Related Post, Bstat dan lain sebagainya. Tentang hal tersebut, sebaiknya anda menanyakan kepada pihak hosting yang akan anda beli atau gunakan apakah bisa menggunakan plugin-plugin tersebut atau tidak. Ini tentunya berlaku apabila hosting yang anda gunakan merupakan shared hosting.

Tidak hanya dengan versi wordpress yang anda gunakan, tapi seringkali suatu plugin tidak kompatibel antara plugin yang satu dengan yang lain. Jika terjadi hal yang demikian, tentu anda harus menentukan plugin mana yang akan dipilih untuk digunakan.

Apa bila ingin memiliki website dengan CMS WordPress silahkan order diĀ https://www.jakartawebhosting.com/wordpress-hosting.aspx

«

Comments are closed.