Cara Meningkatkan Keamanan CMS pada WordPress

Cara Meningkatkan Keamanan CMS pada WordPress

Cara Meningkatkan Keamanan CMS pada WordPress

Cara Meningkatkan Keamanan CMS pada WordPress

CMS WordPress merupakan platform yang digunakan untuk membuat website yang sangat populer sekali di kalangan para pengakses internet, khususnya para blogger maupun para pembaca yang selalu menghabiskan waktunya membaca artikel di internet. WordPress yang selama ini dikenal sebagai platform untuk membuat blog, sudah memiliki fungsi yang sangat bervariasi. Mulai dari website profil perusahaan, galeri foto atau video, sampai dengan kelas e-commerce yang sangat mumpuni dalam melakukan modul penjualan dan transaksi online.

Apabila kita merupakan salah satu pengguna WordPress, sangatlah penting bagi kita untuk meningkatkan keamanan CMS website kita. Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan keamanan CMS WordPress, berikut penjabarannya.

1. Jangan pernah menggunakan “admin” sebagai username

Untuk meningkatkan keamanan CMS WordPress, hindari jauh-jauh penggunaan username dengan kata “admin”. Karena saat ini WordPress sudah berkembang sampai pada tahap versi 4.x. WordPress memiliki pilihan untuk harus mengganti usernamenya. Hal ini bertujuan untuk menghindari ancaman peretas merusak website WordPress yang telah kita buat, karena apabila kita menggunakan kata “admin” sebagai username pada website WordPress, akan sangat mudah untuk diakses.

Ini bisa menjadi salah satu titik lemah sebuah website. Maka dari itu, buatlah username yang orang tidak pernah pikirkan, sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan terhadap website kita.

2. Password yang memiliki keyword unik

Tidak sedikit orang yang meremehkan kekuatan password untuk akses website mereka, karena kita tidak terpikir pentingnya untuk menggunakan password yang susah diingat. Banyak sekali orang yang menggunakan password yang mudah diingat. Hal ini dapat menyebabkan kelemahan, yaitu sangat mudah untuk ditembus para peretas.

Maka, untuk meningkatkan keamanan CMS WordPress, pastikan website kalian memiliki password yang unik. Sudah banyak website yang memiliki indikator kekuatan password. Sebaiknya buatlah password sampai indikator menunjukkan password kalian sulit untuk diingat. Tips: buatlah password yang panjang dengan kombinasi angka, huruf dan simbol.

3. Pastikan WordPress selalu up-to-date

Pastikan WordPress yang digunakan selalu diupgrade ke versi WordPress yang terbaru, karena WordPress selalu melakukan pengembangan terhadap CMS mereka. Seperti fitur, perbaikan bug, dan lainnya. Upgrade tersebut cukup mudah untuk dilakukan. Kalian dapat melakukannya secara otomatis ataupun secara manual pada laman dashboard WordPress. Ini penting dilakukan jika kita ingin meningkatkan keamanan CMS website kita.

4. Hapus Plugin yang tidak diperlukan

Hapuslah plugin-plugin yang tidak berguna atau tidak bermanfaat bagi website kalian, karena hal ini akan membuat website kalian makin lambat untuk diakses. Pastikan kalian menggunakan plugin yang memang dibutuhkan atau bermanfaat bagi website kalian, karena itu dapat mempengaruhi muatan website. Apabila kalian memiliki banyak plugin pada website kalian, maka website kalian akan menjadi sangat berat dalam proses memuat.

5. Pastikan wp-admin dan database kalian prefix secara default

Pengamanan yang dilakukan pada login wp-admin juga bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk meningkatkan keamanan CMS website WordPress kalian, seperti Lockdown wp admin. Kalian dapat melihatnya pada http://wordpress.org/extend/plugins/lockdown-wp-admin/. Gantilah prefix dengan prefix yang lain. Salah satu yang bisa menggunakan plugin change DB Prefix adalah http://wordpress.org/extend/plugins/db-prefix-change/

Demikian hal-hal yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan keamanan CMS WordPress kalian.

Apa bila ingin memiliki website dengan CMS WordPress silahkan order di https://www.jakartawebhosting.com/wordpress-hosting.aspx

Cara Meningkatkan Keamanan CMS pada WordPress

« »

Comments are closed.