Tips Membeli Themes WordPress yang Tepat

theme wordpress

theme wordpress

Bagi anda pengguna CMS WordPress, maka themes merupakan sesuatu yang wajib anda miliki. Anda bisa mendapatkannya secara gratis di direktori themes WordPress.Org atau themes gratis yang dishare di tempat lain.

Namun, bagi anda yang menginginkan theme dengan fitur yang lengkap, ada support jika mengalami masalah serta sesuai dengan kebutuhan bisnis anda, mungkin membeli themes premium adalah pilihan yang tepat bagi anda.

Baca juga: Tips Memilih Plugin yang Tepat

Masalahnya, membeli themes wodpress itu gampang-gampang susah
Mengapa dikatakan seperti itu?

Saya katakan mudah karena anda tinggal berkunjung saja ke marketplace penyedia theme dan membelinya disana. Saya katakan sulit karena jika anda tidak mengetahui apa saja yang harus menjadi perhatian ketika membeli theme maka anda mungkin saja kecewa setelah membeli themes tersebut.

Nah, bagi anda yang tidak ingin kecewa ketika membeli theme wordpress serta mendapatkan theme yang sesuai dengan kebutuhan anda, ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips membeli themes berikut ini :

1. Pahami kebutuhan anda
Untuk memahami themes apa yang anda butuhkan, beberapa pertanyaan ini mungkin bisa membantu anda:

Apa yang akan anda kerjakan di website anda?

Maksudnya apakah anda ingin mempromosikan bisnis anda, Cuma pengen nulis aja, pengen menjadi affiliate, mengumpulkan alamat email (list building) atau pekerjaan-pekerjaan yang lain. Pada banyak hal, perbedaan ini sangat berpengaruh pada jenis themes yang kita butuhkan.

Apa jenis website yang ingin anda buat?

Sebelumnya saya mohon maaf, karena pertanyaan diatas agak ambigu sehingga jawabannya bisa beragam. Namun saya ingin menekankan jenis website yang dimaksud disini adalah website perusahaan (formal), website bisnis (pribadi), Toko Online,website sekolah atau website portal berita.

Masing-masing jenis website diatas memiliki theme yang berbeda, walaupun saat ini ada 1 themes yang bisa mengcover semua jenis website diatas.

2. Fitur yang anda butuhkan
Pada langkah kedua yang harus anda perhatikan adalah fitur yang anda butuhkan di website anda. Buatlah daftar fitur yang anda butuhkan terlebih dahulu sebelum anda mengunjungi penyedia themes premium.

Saya juga menyarankan, supaya anda mengelompokan daftar ini menjadi 2, yaitu fitur yang harus anda miliki dan yang kedua adalah fitur tambahan (ada lebih baik, tidak ada juga tidak apa-apa)

Dengan membuat daftar fitur ini, anda bisa lebih focus pada kebutuhan anda daripada harga dan fitur yang ditawarkan pemilik themes (Tips sederhana menghindari hipnotis sales letter penjual)

3. Ukur Skill Anda
Ya. Anda perlu objektif dengan kemampuan anda. Apakah anda memahami HTML? Memahami CSS?Memahami PHP? Atau tidak memahaminya sama sekali.

Saat ini ada themes wordpress yang bisa anda gunakan tanpa harus memahami kode-kode HTML terlebih dahulu, namun ada juga themes yang masih membutuhkan pemahaman dasar terhadap kode-kode HTM, CSS serta PHP.

Jika anda sudah memahami kemampuan anda, maka anda bisa menentukan pilihan themes yang mana yang cocok bagi anda.

4. Riset
Setelah anda melakukan 3 langkah penting sebelumnya, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah riset. Kunjungi beberapa marketplace berbeda dan lihat themes wordpress yang mereka tawarkan kepada anda.

Buatlah daftar themes yang memenuhi syarat 1 sampai 3. Saya menyarankan supaya anda membuat daftar hingga 5 themes saja. Jangan terlalu banyak. Disamping akan membuat anda bingung, juga akan membuang-buang waktu anda untuk menyeleksi themes yang anda butuhkan.

5. Dukungan

Setelah anda membuat 5 daftar themes yang sesuai dengan kebutuhan anda, memiliki fitur yang anda harapkan serta tidak membutuhkan skill HTML, CSS dan PHP, maka langkah selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah dukungan after sales.

Dukungan after sales ini mencakup beberapa hal berikut:

  1. Dokumentasi
  2. Dukungan melalui forum, email dan chating
  3. Update
  4. Dan lain sebagainya

6. Sesuaikan budget anda
Langkah terakhir yang harus anda perhatikan anda budget yang anda miliki. Berapa budget yang tersedia atau anda sediakan untuk membeli themes tersebut.

Saya sendiri tidak menjadikan harga terendah sebagai patokan ketika membeli themes. Selagi budgetnya ada dan sesuai dengan kebutuhan saya, mengapa nggak?

Itulah beberapa tips yang perlu anda perhatikan ketika anda ingin membeli themes dan tidak ingin kecewa karena telah membeli themes yang salah.

Dimana anda bisa membeli themes?

Berikut ini adalah beberapa tempat yang cukup terkenal penyedia themes premium:

  1. Themeforest
  2. Mojo Themes
« »

Comments are closed.