Kenapa Saya Tidak Bisa Pasang Plugin WordPress?

Kenapa Saya Tidak Bisa Pasang Plugin WordPress

Mungkin kamu pernah mengalami kejadian tidak bisa pasang plugin WordPress. Ada beberapa alasan kenapa kamu tidak bisa pasang plugin WordPress.

1. Kamu Menggunakan WordPress.com

WordPress menghadirkan dua layanan WordPress.com dan WordPress.org, keduanya menawarkan layanan yang bisa dibilang berbeda. Di WordPress.com kita tidak membutuhkan hosting, sedangkan di WordPress.org kita membutuhkan hosting.

Pengguna WordPress.com tidak dapat pasang plugin WordPress, kecuali mereka yang berlangganan Business Plan dengan biaya US$ 299 per tahun. Pengguna Free, Personal dan Premium di WordPress.com tidak dapat pasang plugin pihak ketiga.

2. Dibatasi Akses User Role

WordPress memiliki manajemen user role, dimana administrator dapat membagi pengguna berdasarkan tugasnya:

  • Administrator
  • Editor
  • Author
  • Contributor
  • Subsriber.

Hanya administrator yang dapat pasang plugin WordPress.

3. Karena Terkena Memory Limit

Alasan yang paling sering terjadi pada saat tidak bisa pasang plugin WordPress, adalah karena PHP memory limit.

Pada settings hosting WordPress dan core WordPress dapat ditentukan jumlah dari memori yang digunakan untuk script PHP. Ketika kamu telah mencapai limitnya, maka akan di-terminated atau memberika error seperti di bawah:

Fatal error: Allowed memory size of 67108864 bytes exhausted

Cara cepat untuk memperbaikinya adalah dengan menaikan PHP memory limit. Kamu bisa menambahkan baris seperti di bawah ini pada file wp-config.php:

define(‘WP_MEMORY_LIMIT’, ‘256M’);

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakanĀ WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

« »

Comments are closed.