Cara Menambah Hreflang Tag di WordPress

Cara Menambah Hreflang Tag di WordPress

Cara Menambah Hreflang Tag di WordPress

Jika kamu ingin mempublikasikan konten dalam beberapa bahasa atau untuk wilayah yang berbeda, maka Hreflang Tag dapat membantu untuk meningkatkan SEO untuk bahasa dan wilayah tersebut. Pada artike kali ini, saya akan menunjukan cara untuk menambahkan Hreflang Tag tanpa perlu menulis kode sendiri.

Apa Itu Hreflang Tag?

Hreflang Tag memungkinkan kita untuk memberitahu mesin pencari halaman mana yang harus ditampilkan untuk bahasa dan wilayah tertentu. Kita juga bisa menggunakannya untuk menentukan variasi dari konten yang sama dalam bahasa yang berbeda.

Contoh implementasi Hreflang Tag pada HTML:

1 <link rel="alternate" href="example.com" hreflang="en-us" />
2 <link rel="alternate" href="example.com/fr/" hreflang="fr-fr" />
3 <link rel="alternate" href="example.com/pt/" hreflang="pt-pt" />

Hreflang merupakan kombinasi dari kode bahasa dan kode region. Sebagai contoh, en-us untuk Bahasa Inggris dan di Amerika Serikat, fr-fr untuk bahasa Perancis di Perancis, dan seterusnya.

WordPress tersedia dalam lebih dari 60 bahasa. Jika kamu ingin mengimplementasikannya, kamu bisa mengikuti caranya sperti dibawah.

Menambahkan Hreflang Tag di WordPress Dengan Plugin Multilingual

Cara yang paling mudah untuk membuat website WordPress multi bahasa adalah dengan menggunakan plugin multilingual. Dengan plugin ini memungkinkan kita secara mudah untuk membuat dan mengatur konten dalam beberapa bahasa yang masih menggunakan software WordPress yang sama.

Plugin ini akan secara otomatis yang mengatur masalah teknisnya seperti Hreflang Tag, jadi kita dapat fokus untuk membuat konten.

Plugin multilingual yang saya rekomendasikan adalah Polylang. Plugin ini gratis, tetapi memiliki fitur yang sangat bagus dan memiliki tampilan yang mudah digunakan.

Download dan aktifkan plugin Polylang. Setelah selesai, sekarang akan ada menu baru yang bernama Languanges. Klik menu tersebut, dan sekarang tambahkan bahasa Indonesia terlebih dahulu, lalu selanjutnya tambahkan bahasa Inggris atau bahasa lain yang kamu ingin.

Sekarang setiap kamu membuat atau men-edit post atau page akan ada pilihan baru Languanges disebelah kanan. Sekarang kamu bisa membuat artikel dalam bahasa Indonesia dan juga membuat terjemahannya dalam bahasa yang sudah dipilih. Untuk terjemahannya harus kamu buat manual, tidak akan otomatis diterjemahkan.

Sekarang sesudah membuat post atau page dalam beberapa bahasa, kamu bisa mengunjunginya di browser window baru. Lalu klik kanan dan pilih ‘View Page Source’ dan cari apa sudah ada Hreflang tag, bisa menggunakan CTRL+F.

Apabila Anda sedang mencari web hosting yang cepat dan handal untuk Anda gunakan pada website, Anda bisa mengandalkan https://www.jakartawebhosting.com sebagai web hosting terpercaya Anda. Karena Jakartawebhosting.com menyediakan web hosting Indonesia, web hosting dengan server yang menggunakan HDD maupun SSD yang sangat terjamin kecepatan dan sumber daya resourcenya. Anda cukup pilih mana yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli nama domain dengan harga domain murah se Indonesia di Jakarta Web Hosting Indonesia. Bila anda sebuah perusahaan, anda ingin menggunakan layanan Cloud Hosting? Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data serta server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu anda 24 jam setiap hari dan biaya langganan yang menarik.

.

« »

Comments are closed.