5 Plugin WordPress Penting Untuk Semua Pemula

5 Plugin WordPress Penting Untuk Semua Pemula

5 Plugin WordPress Penting Untuk Semua Pemula

Content management system atau CMS seperti WordPress bagaikan toko serba ada bagi pemula. Di sana tersedia banyak berbagai elemen yang bisa kita pilih dan kita dapat dengan mudah untuk mix and match agar tampil lebih sempurna. Mulai dari theme yang akan membuat website kamu semakin cantik dan juga plugin WordPress yang dapat mengintegrasikan berbagai fungsi baru. Kamu hanya perlu menemukan barang yang tepat yang dapat membuat website kamu sempurna sesuai dengan objektif kamu dan menyajikan pengalaman yang lebih baik untuk target audiens.

Plugin WordPress Penting

Jika berbicara mengenai plugin WordPress, ada lebih dari 47.000 pilihan yang disediakan oleh library WordPress. Plugin ini dapat membantu kamu mengintegrasikan fungsi seperti online shop, booking dan pilihan lainnya. Kamu juga dapat memperindah desain website kamu menggunakan carousel slider dan video background.

Namun karena saking banyaknya plugin, kamu akan kebingungan untuk memilihnya. Kali ini saya akan membahas mengenai 5 plugin WordPress penting yang harus kamu pasang.

1. Wordfence Security

WordPress merupakan CMS yang paling popular, saking popularnya WordPress menjadi target favorit hacker. Untuk itu kita harus melindungi website WordPress kita, salah satu cara bisa menggunakan plugin WordPress yang bernama Wordfence Security.

Dengan plugin ini, kita bisa tahu apa saja yang harus kita lindungi. Setelah memasang Wordfence dan mengaktifkannya, yang harus kamu lakukan adalah login ke dashboard, lalu masuk ke menu Wordfence dibawah, pilih Scan dan klik Start a Wordfence Scan. Scan ini untuk memastikan website kamu selalu terlindungi.

2. UpdraftPlus Backup Plugin

Serangan siber, kesalahan konfigurasi atau bisa juga disebabkan oleh plugin dapat membuat website WordPress kamu menjadi down. Sebagai langkah antisipasi kamu harus rajin untuk membackup file dan juga database website kamu. Plugin WordPress yang bernama UpdraftPlus Backup Plugin bisa melakukan fungsi tersebut.

Plugin ini memiliki tampilan yang simpel dengan tiga tombol utama: Backup Now, Restore dan Clone/Migrate.

3. Akismet

Satu hal lagi yang paling sering menyerang website WordPress adalah comment spam, website saya pernah mengalami hal ini. Saya mendapatkan ratusan comment spam dalam satu hari. Kabar baiknya, kita bisa memasang plugin WordPress yang bernama Akismet untuk mencegah comment spam.

Setelah memasang dan mengaktifkan plugin ini secara otomatis akan memfilter comment spam dan mencegahnya tampil di website WordPress.

4. Yoast SEO

Search engine optimization (SEO) merupakan hal yang sangat penting agar website kamu memiliki banyak pengunjung. Jadi jika kamu ingin website kamu dikenal banyak pengguna internet, dan memiliki ranking yang tinggi di mesin pencari seperti Google, maka website kamu harus memiliki SEO yang bagus.

Yoast SEO dapat membantu kamu meningkatkan SEO untuk website WordPress kamu.

5. WP Smush

Jika website kamu merupakan website portfolio, blog fotografi atau online store, pastinya membutuhkan banyak gambar untuk menarik pengunjung. Sayangnya banya pemula yang melakukan kesalahan dengan mengupload file gambar dengan ukuran yang sangat besar. Hasilnya kinerja website mereka malah menjadi melambat, dan memakan banyak kapasitas storage.

Untuk itu kamu perlu untuk memasang plugin compression untuk mengkompres gambar yang kamu upload. Kamu bisa menggunakan plugin WordPress yang bernama WP Smush untuk me-resize dan mengoptimalkan gambar.

Setelah memasang dan mengaktifkan plugin ini, masukan ke Media-> WP Smush, dan klik “Bulk Smush Now.” WP Smush juga dapat diatur untuk mengoptimalkan setiap foto yang diupload. Masuk ke Setting di WP SMush, lalu centang pada pilihan “Automatically smush my images on upload.”

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

«

Comments are closed.