Otomatis Menghapus File di Folder Downloads Windows 10

Kebanyakan pengguna Windows 10 termasuk saya sendiri, di dalam folder Downloads-nya ada banyak sekali file hingga terkadang untuk membuka foldernya ini harus menunggu beberapa saat. Dari banyak file yang ada di dalam folder Downloads ini hanya sedikit yang masih buka, dan sebagian besar kita bahkan tidak pernah lagi menyentuhnya dalam waktu yang lama, seperti misalnya file installer, file subtitle, dan file lainnya.

Pada update terbaru Windows 10 v1709 atau Windows 10 Fall Creators Update, Microsoft merilis fitur baru, dimana kita bisa mengaktifkan fitur otomatis untuk menghapus file di folder Downloads dan juga yang ada di Recycle Bin setelah 30 hari file-file tersebut ada di dalam folder.

Terkadang juga kita sudah menghapus file di dalam folder apa saja, tetapi tidak menghapus mereka dari Recycle Bin. Dengan fitur baru yang dipanggil dengan Storage Sense, dapat juga secara otomatis membersihkan Recycel Bin.

Jika kamu sudah men-download update terbaru Windows 10 Fall Creators Update v1709, maka kamu sudah bisa mengkatifkan Storage Sense, yang secara otomatis menghapus file di folder Downloads dan juga di Recycle Bin setelah 30 hari. Jika belum update, update sekarang juga.

Otomatis Menghapus File di Folder Downloads dan Recycle Bin

  • Langkah pertama adalah masuk ke Settings, tekan tombol Win + i.
  • Di jendela Windows Settings yang terbuka, klik pada menu System.
  • Selanjutnya di panel sebelah kiri, klik pilihan Storage.
  • Di menu Storage ini, aktifkan fitur Storage sense, dengan mengklik tombol switch On di bawahnya.
  • Klik link “Change how we free up space,” untuk melakukan pengaturan penghapusan otomatis.
  • Centang pilihan ke-3, “Delete files in the Downloads folder that have’t changed in 30 days,” untuk otomatis menghapus file di folder Downloads setelah 30 hari. Untuk pilihan ke-1 dan ke-2 biarkan saja tercentang.

Dan sekarang file yang ada di folder download yang sudah 30 hari tidak ada perubahan akan di hapus otomatis oleh sistem Windows. Yang perlu ingatkan untuk file-file penting setelah download, pindahkan ke folder tertentu, misalkan pindahkan saja ke folder di Drive D.

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

«

Comments are closed.