Cara Mengupdate Plugin WordPress Yang Benar

Cara Mengupdate Plugin WordPress Yang Benar

Cara Mengupdate Plugin WordPress Yang Benar

Setelah memulai menjalankan website WordPress pastinya kamu ingin menambahkan plugin untuk menambahkan fitur tertentu. Dan sangat penting untuk selalu mengupdate plugin ke versi terbaru untuk alsasan keamanan. Pada post kali ini, saya akan menunjukan cara mengupdate plugin WordPress yang benar.

Kenapa Harus Update Plugin WordPress

Plugin WordPress seperti aplikasi yang kita pasang di smartphone. Kita dapat meng-install plugin untuk menambahkan fitur dan fungsi baru pada website seperti menambahkan gallery, slider, SEO, antimalware dan sebagainya.

Plugin dibuat oleh pengembang pihak ketiga, dan kebanyak mereka selalu meningkatkan plugin buatannya dengan menambahkan fitur baru, meningkatkan kualitas kode, dan juga memperbaiki bugs serta menutup celah keamanan.

Untuk itu sangat disarankan untuk kamu selalu mengupdate plugin yang kamu gunakan, untuk menjaga agar website kamu tetap aman dan memiliki kinerja yang baik.

Cara Mengupdate Plugin WordPress

WordPress hadir sistem update built-in. Fitur ini secara otomatis akan mengecek update plugin terbaru dan menampilkan pemberitahuan ketika ada update baru tersedia. Tidak hanya plugin, fitur ini juga akan memberitahukan jika ada update baru untuk tema dan software core WordPress.

Atau kamu juga bisa mengecek update secara manual dari Dashboard-> Updates. Jika ada update baru untuk plugin, kamu akan melihat pemberitahuan dengan warna merah.

Untuk mengupdate plugin, masuk ke Dashboard-> Plugins. Jika ada update baru akan ditampilkan pemberitahuan ada versi baru. Klik Update Now dibawah masing-masing plugin, untuk mengupdatenya.

Cara Mengembalikan Update Plugin WordPress

Kadang-kadang update plugin dapat membuat hasil yang tidak diinginkan, seperti fitur plugin yang tidak bekerja. Jika ini yang terjadi, maka kamu harus men-deactivate plugin tersebut.

Jika masih bisa mengakses halaman area admin WordPress, maka masuk ke Plugins dan pilih Deactivate pada plugin yang menyebabkan masalah. Atau jika kamu tidak tahu plugin yang mana, deactivate semua plugin yang baru kamu update.

Setelah itu install plugin WP-Rollback, dan aktifkan plugin ini. Sekarang masuk kembali ke menu Plugins dan sekarang ada pilihan Rollback. Pilih rollback pada plugin yang menyebabkan error atau tidak berfungsi. Dengan rollback akan mengembalikan plugin ke versi sebelumnya.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

« »

Comments are closed.