Tips Blogger Pemula: Memindahkan Isi Blog WordPress

Jika kalian berniat ingin memindahkan isi blog WordPress kalian dari satu hosting berbayar ke hosting berbayar lainnya. Mungkin kalian hanya tinggal memindahkan database yang ada di hosting lama ke hosting yang baru. Namun, cara tadi mungkin akan dirasa sulit untuk dilakukan bagi blogger pemula. Apalagi blogger pemula yang ingin memindahkan isi blog WordPress mereka dari hosting gratis seperti WordPress.com ke hosting berbayar WordPress.org.

WordPress.org tidak menyediakan layanan akses database untuk memindahkan database blog WordPRess kalian dari hosting WordPress.com ke hosting berbayar yang kita inginkan.

Apalagi Blogger pemula yang ingin memindahkan isi Blog WordPress merekan dari hosting gratis seperti WordPress.com ke hosting berbayar. WordPress.org tidak menyediakan layanan akses Database untuk memindahkan Database Blog WordPress kalian dari hosting WordPress.com ke hosting berbayar yang kita inginkan. Mungkin dengan begitu kalian terpaksa harus mengcopy paste postingan kalian yang sebelumnya. Namun cara tadi pastinya akan memakan waktu yang lama selain itu kalian juga tidak bisa mengcopy paste isi blog lainnya seperti komentar, tag, label, dan kategori. Jadi dengan kata lain kalian hanya bisa menyelamatkan artikel kalian dan isi Blog lainnya harus kalian relakan untuk hilang.

Apabila kalian memang berniat memindahkan isi Blog WordPress kalian dari hosting gratis WordPress.com ke hosting berbayar, maka kami akan memberikan tips mudahnya. Daripada harus melakukan copy paste postingan, ada baiknya kalian melakukan perpindahan tersebut degan cara export import. Kita hanya perlu melakukan Export dari WordPress.com lalu kemudian Import ke WordPress.org, cara ini juga bisa dilakukan oleh kalian yang menggunakan hosting berbayar yang ingin memindahkan isi Blog WordPress kalian dari hosting sebelumnya ke hosting yang baru :

Langkah Export Isi Blog WordPress

  1. Log in ke dalam akun Blog WordPress lama.
  2. Pada bagian Dashboard, klik “Export”.
  3. Kemudian klik “Download Export File”.
  4. Simpan File yang telah di Download.
  5.  Klik “Save”.

Langkah Import Blog WordPress

  1. Log in ke dalam akun Blog WordPress baru kita.
  2. Pada bagian Dasboard, klik “Import”.
  3. Pilih file yang sebelumnya telah kita Export.
  4. Klik “Upload File And Import”.

Denga dua langkah tadi kalian tidak perlu melakukan teknik Copy Paste postingan kalian yang sebelumnya. Ada sedikit tips tambahan yang ingin kami berikan apabila kalian memindahkan isi Blog kalian dari hosting berbayar yang lama ke hosting berbayar yang baru yaitu agar tidak kehilangan pengunjung lama, jangan lupa untuk mengarahkan nama domain Blog WordPress lama kita ke nama domain Blog WordPress kita yang baru. Perlu diketahui bahwa batas maksimun Import file adalah 2 MB, apabila file yang ingin di Import memiliki memori lebih dari 2 MB maka kalian dapat mengeditnya di Notepad atau Notepad ++ kemudian Save As sebagai .xml.

Apabila Anda ingin membuat sebuah blog yang berisikan artikel tentang pengalaman, pengetahuan kamu untuk bisa dibagikan kepada orang lain, Anda bisa membuat website blogging dengan CMS WordPress yang sangat mudah dalam proses pembuatannya.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi https://www.jakartawebhosting.com yang menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

« »

Comments are closed.