Cara Reset Password WordPress Dari PhpMyAdmin

Cara Reset Password WordPress Dari PhpMyAdmin

Cara Reset Password WordPress Dari PhpMyAdmin

Bagaimana cara reset password WordPress menggunakan PhpMyAdmin? Cara ini dapat digunakan ketika kamu tidak dapat me-reset password WordPress dari area admin WordPress. Pada artikel kali ini saya akan menunjukan cara untuk me-reset password WordPress menggunakan PhpMyAdmin.

Mengapa Reset Password WordPress Menggunakan PhpMyAdmin?

Cara untuk mereset password WordPress sebenarnya cukup mudah. Buka halaman untuk login ke akun WordPress kamu, jangan login piliha saja Lost your password? atau lupas password. Masukan alamat email yang digunakan oleh akun pengguna, setelah itu akan dikirimkan email yang berisi link untuk me-reset password.

Nah yang jadi masalah adalah jika kamu juga lupa dengan password akun email kamu, jadilah kamu tidak bisa mereset password karena tidak bisa masuk ke akun email kamu sendiri. Atau juga jika kamu tidak bisa mengakses halaman admin WordPress.

Pada situasi seperti di atas, kamu bisa mereset password langsung dari database, cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan PhpMyAdmin.

Bagaimana Cara Reset Password WordPress dari PhpMyAdmin

Untuk me-reset password menggunakan metode ini, kamu perlu untuk login ke akun cPanel yang diberikan oleh penyedia web hosting yang kamu gunakan. Selanjutnya cari menu PhpMyAdmin, biasanya ada di bagian Databases.

Klik PhpMyAdmin, selanjutnya pilih database website WordPress yang kamu inginkan.

Sekarang kamu akan melihat daftar table dari database website WordPress kamu. Selanjutnya kamu perlu mencari table ‘{table-prefix}_users’ di daftar dan klik pilihan ‘Browse’ di sebelahnya.

Nama table biasanya berbeda dengan yang lainnya terutam pada table prefix-nya, biasanya nama table adalah wp_users.

Setelah mengklik Browse, sekarang kamu akan melihat table yang berisi daftar nama user dan juga password-nya. Jika ingin mengubah informasi login ini, kamu bisa mengklik tombol edit lalu ganti username dan password yang kamu inginkan. Untuk menjaga keamanan password, pada baris user_pass kolom Function, ganti ke MD5 hash. Password kamu akan dienkripsi.

Sekarang kamu sudah tahu cara bagaimana untuk mereset passwod WordPress langsung dari PhpMyAdmin.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

 

« »

Comments are closed.