Membuat Limit Atau Disable Automatic Empty Trash di WordPress

Membuat Limit Atau Disable Automatic Empty Trash di WordPress

Membuat Limit Atau Disable Automatic Empty Trash di WordPress

Pada WordPress, ketika kamu menghapus post atau komentar, akan dimasukan ke dalam trash. Secara default, post dan komentar yang ada di dalam trash akan tetap disimpan dalam waktu 30 hari. Memberikan kamu cukup waktu jika ingin merestorenya jika dibutuhkan. Setelah 30 hari, WordPress secara otomatis akan menghapus semua sampah konten secara permanen.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara untuk mengubah limit hari dari fitur Automatic Empty Trash. Atau men-disable fitur Trash sehingga setiap kali kamu menghapus post dan komentas, akan terhapus permanen.

Apa Itu Trash pada WordPress

Ketika kamu menghapus post, page, atau komentar pada WordPress, akan dimasukan ke dalam trash. Kamu bisa melihat semua trash, dari menu Post-> All Post, lalu pilih tab Trash.

Secara default sampah konten yang ada di dalam trash akan tersimpan selama 30 hari, setelahnya akan dihapus secara permanen. Atau kamu bisa menghapusnya secara manual atau me-restorenya dari menu Post-> All Post-> Trash.

Men-Disable Automatic Empty Trash

Seperti yang sudah disebutkan diatas, secara otomatis post dan komentar yang sudah di buang ke trash akan dihapus permanen secara otomatis setelah berada di dalamnya selama 30 hari.

Yang harus kamu lakukan adalah dengan menambahkan sedikit kode pada file functions.php.

function wpb_remove_schedule_delete() {
    remove_action( 'wp_scheduled_delete', 'wp_scheduled_delete' );
}
add_action( 'init', 'wpb_remove_schedule_delete' );

Sekarang item yang ada di trash akan tersimpan terus hingga kamu menghapusnya secara manual.

Mengganti Hari Automatic Empty Trash

Jika kamu ingin mempercepat atau memperlambat waktu menghapus item yang ada di dalam trash secara otomatis, bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah.

Cukup tambahkan kode dibawah ini pada file wp-config.php, sebelum line yang mengatakan ‘That’s all, stop editing! Happy blogging.’

define('EMPTY_TRASH_DAYS', 7);

Angka 7 merupakan waktu harinya, kamu bisa mengganti harinya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Men-Disable Fitur Trash di WordPress

Fitur trash sangat penting, jika ada file post atau page atau komentar yang secara tidak sengaja terhapus dan ingin mengembalikannya.

Namun jika kamu merasa tidak membutuh fitur ini, kamu bisa men-disable dengan cara yang cukup mudah. Tambahkan kode dibawah ini pada file wp-config.php, sebelum line yang mengatakan ‘That’s all, stop editing! Happy blogging.’

define('EMPTY_TRASH_DAYS', 0);

Men-disable fitur Trash, semua post, page, komentar yang dihapus akan dihapus secara permanen tidak dapat di-restore atau dikembalikan.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

« »

Comments are closed.