Cara Perbaiki Error Redirect di WordPress

Cara Perbaiki Error Redirect di WordPress

Cara Perbaiki Error Redirect di WordPress

Menjalankan website atau blog WordPress.org yang kita hosting sendiri memiliki banyak keuntungan, kita bisa bebas mendandani website atau blog kita serta kita akan mendapatkan banyak sekali ilmu. Namun tentunya yang dapat membuat kita menjadi pusing tujuh keliling adalah ketika website atau blog kita mengalami error.

Salah satu error yang paling sering terjadi adalah error redirect di WordPress. Hal ini terjadi karena terlalu banyak redirect sehingga menimbulkan masalah.

Mengapa Saya Mendapatkan Error Redirect di WordPress?

Error redirect ini biasanya terjadi karena kesalahan konfigurasi pada masalah redirect. Seperti yang kita ketahui bahwa WordPress memiliki struktur URL yang SEO friendly yang digunakan sebagai fungsi redirect. Beberapa plugin WordPress yang popular juga menggunakan fungsi redirect. Sebagai contoh, plugin SEO WordPress memungkinkan untuk menghapus category base dari category URL dengan me-redirect pengunjung ke URL tanpa category base. Plugin SSL dan Cache WordPress juga menggunakan fungsi redirect.

Karena kesalahan konfigurasi ini dari plugin-plugin tersebut, website atau blog website kamu akan me-redirect pengunjung ke URL yang sebenarnya telah me-redirect mereka kembali ke reffering URL. Hal ini menyebabkan web browser terjebak dalam dua halaman dan memunculkan pesan error.

Cara Memperbaiki Error Redirect di WordPress

Kebanyakan salah konfigurasi yang paling sering terjadi adalah URL yang salah pada WordPress Address URL atau setting Site Address URL.

Misalnya, kita asumsikan bahwa website kamu memiliki URL http://www.example.com. Masuk ke Dasboard WordPress, masuk ke menu Settings-> General, ganti WordPress dan Site Address. Jika kamu menggunakan prefix www, maka ganti ke menjadi http://example.com. Dan jika kamu tidak menggunakan prefix www, maka ganti menjadi http://www.example.com.

Ganti Site URL Tanpa Akses ke Admin Area

Jika kamu tidak bisa masuk ke area WordPress Admin, kamu tetap bisa mengganti setting ini dengan menggantinya pada file wp-config.php. Masuk ke website menggunakan aplikasi FTP client. Setelah masuk ke website kamu, cari file yang bernama wp-config.php. Download file ini, lalu kemudian edit file ini menggunakan aplikasi teks editor seperti Notepad. Tinggal tambahkan dua baris script dibawah ini, dan ganti example.com dengan URL domain kamu.

define('WP_HOME','http://example.com');
define('WP_SITEURL','http://example.com');

Save dan upload kembali ke server lewat FTP. Dan sekarang coba akses website WordPress kamu. Jika masih belum bisa, coba tambahkan prefix www didepan url domain kamu.

Cara Memperbaiki Error Redirect Lainnya

Jika cara diatas masih belum memperbaiki error redirect yang kamu alami, bisa jadi error ini disebabkan oleh plugin. Apakah sebelumnya error redirect ini terjadi kamu memasang plugin? Atau mengupdate plugin? Jika ya maka kamu harus menonaktifkan plugin tersebut.

Untuk menonaktifkan plugin, kamu bisa masuk ke FTP. Lalu cari folder wp-content/plugins/. Cara plugin yang baru kamu pasang atau kamu update, hapus foldernya. Dan coba lihat apakah website kamu sudah normal atau belum.

Atau jika kamu tidak tahu plugin mana yang menyebabkan error redirect, maka kamu harus mencobanya satu persatu. Backup dulu semua plugin dengan mendownloadnya. Setelah itu hapus semua plugin, dan coba apakah website kamu sudah kembali normal, seharusnya sih tidak ada masalah. Sekarang coba upload kembali plugin satu persatu, setelah mengupload satu plugin selesai, harus coba website kamu apakah berjalan normal. Jika normal, lanjutkan mengupload plugin satu lagi, begitu seterusnya. Jika kamu sehabis meng-upload satu plugin, website kamu error, berarti plugin tersebut yang menyebabkan error.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

« »

Comments are closed.