Sekarang Kamu Bisa Menampilkan Konten VR di Blog WordPress

Sekarang Kamu Bisa Menampilkan Konten VR di Blog WordPress

Sekarang Kamu Bisa Menampilkan Konten VR di Blog WordPress

Kabar baik bagi pengguna layanan blog WordPress, karena WordPress baru saja mengumumkan merangkul teknologi WebVR (web virtual reality). Mulai sekarang kamu bisa membuat dan mempublish konten VR pada blog WordPress.com kamu, dimulai dari photo 360° dan video 360° (beta). Jadi pengunjung dan kamu sendiri bisa menikmati konten virtual realty seperti foto, panorama dan video 360° di blog kamu. Kamu hanya perlu menambahkan konten VR dengan mudah, seperti kamu menambahkan foto dan video untuk post kamu, dan semua orang langsung bisa menikmatinya.

Saat ini, fitur virtual reality foto 360° sudah bisa digunakan oleh kamu dengan semua tipe akun WordPress.com artinya semua pengguna dapat menggunakannya. Sedangkan konten virtual reality video 360° masih dalam tahap beta dan saat ini baru tersedia untuk pengguna WordPress.com premium atau business.

Teknologi baru ini memungkinkan semua orang untuk menikmati konten VR pada blog WordPress.com melaui browser yang mendukung baik di perangkat desktop maupun mobile. Saat melihat konten VR kita bisa menggerakan foto dengan mengklik mouse atau menggunakan jari diperangkat layar sentuh dan bahkan sudah mendukung VR headset dengan menggerakan kepala.

Standar WebVR sudah dapat dinikmati melalui semua browser popular kecuali Apple Safari, kamu masih belum bisa melihat video 360° di aplikasi web browser Safari pada perangkat iOS.

Tim WordPress.com mengatakan bahwa mereka telah melakukan uji coba untuk menikmati konten virtual reality foto 360° dan video 360° di beberapa perangkat VR headset seperti Google Cardboard, Gear VR, Daydream, Oculus Rift dan HTC Vive. Jadi jika kamu mempunyai perangkat tersebut tidak ada masalah untuk menikmati konten VR dari blog-blog WordPress.com, dan mungkin saja juga bisa dinikmati dari headset VR lainnya.

Jadi sekarang kamu bisa membuat membuat konten VR seperti foto 360° dan foto panorama dari smartphone dan langsung menguploadnya ke blog kamu.

Untuk menampilkan konten VR di blog WordPress.com kamu sangat mudah. Upload foto VR seperti biasa seperti kamu mengupload foto biasa ke blog WordPress.com kamu. Kemudian pilih kamu mau menampilkannya dalam tampilan mode 360° atau cinema (panorama), dan mem-publish-nya dengan menambahkan kode yang pendek “vr”:

[vr url=path-to-photo.jpg view=360]

atau

[vr url=path-to-photo.jpg view=cinema]

Sayangnya saya tidak bisa menampilkan contoh konten VR disini, karena WordPress.org belum mendukung fitur ini. Namun jika kamu mau memasang konten VR foto 360° dan video 360° di website atau blog WordPress.org kamu, kamu bisa menggunakan plugin seperti WP-VR-view.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

« »

Comments are closed.