Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Dedicated Server

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Dedicated Server (Dalam Perihal Manage dan Unmanage Server)

Saat ini telah banyak tersedia berbagai macam hosting yang ditawarkan. Salah satu diantaranya adalah dedicated server. Banyaknya yang keuntungan yang diperoleh ketika menggunakan server tersebut membuat setiap orang tertarik untuk menyewa. Seperti yang telah diketahui, Dedicated server memang menyewakan server secara penuh kepada penyewa. Bahkan penyewa juga bisa mengontrol datanya sendiri yang sedang diolah ataupun dikelola. Tak hanya itu saja, dedicated server memberikan keamanan yang membuat setiap orang yang menggunakan server tersebut merasa nyaman. Namun ada beberapa hal yang harus tetap Anda perhatikan sebelum menggunakan dedicated server. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi selama penggunaan server tersebut.

Inilah Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Dedicated Server

1. Keamanan

Keamanan sudah seharusnya menjadi hal yang paling utama untuk Anda perhatikan sebelum menggunakan server tersebut. Dedicated server menawarkan proteksi dan perlindungan yang lebih tinggi dibandingkan server lain yang disewakan. Sehingga hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah keamanan yang diberikan oleh pengelola layanan server tersebut. Untuk mengetahuinya biasanya Anda akan dibebaskan untuk memilih alamat IP server yang akan digunakan. Sehingga tidak ada pengguna lain yang mengetahui alamat IP server tersebut selain Anda. Selain itu Anda juga akan diberikan remote untuk mengontrol kondisi fisik server tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengontrol server tersebut tanpa bantuan dari pengelola penyedia layanan.

2. Memastikan koneksi server

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah memastikan koneksi server. Sebaiknya pastikan koneksi yang terhubung di server Anda dalam keadaan lancar. Hal ini dikarenakan jika koneksi yang terhubung dalam kondisi buruk maka akan menghambat Anda dalam mengolah ataupun mengelola data yang dibutuhkan. Selain itu koneksi server yang buruk juga akan menyebabkan kerugian karena menghambat pekerjaan yang harus Anda kerjakan pada saat itu. Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan karena akan sangat berpengaruh ketika akan menggunakan dedicated server untuk mengelola data.

3. Pastikan pengelola penyedia layanan terpercaya

Hal yang tak kalah penting juga untuk Anda perhatikan sebelum menggunakan dedicated server adalah memastikan pengelola penyedia layanan dapat dipercaya. Hal ini bertujuan untuk mencegah data yang sedang Anda kelola dan akses tidak bocor ke pengguna lainnya. Pastikan penyedia layanan server tersebut sudah lama bergerak di bidangnya dan memiliki riwayat yang baik di setiap orang yang menyewa server tersebut. Selain itu Anda juga akan merasa nyaman dan aman ketika menggunakan server tersebut untuk kebutuhan perusahaan maupun pribadi.

4. Pastikan performa server

Dedicated server memang dikenal dengan performa yang optimal. Sehingga sebelum Anda menggunakan server tersebut, pastikan terlebih dahulu performanya. Hal itu bertujuan untuk menghindari kerugian yang diterima kemudian hari. Performa server yang optimal tentu saja akan menunjung pekerjaan menjadi lebih cepat terselesaikan dengan hasil yang maksimal. Selain itu performa server tentu saja akan sangat berpengaruh saat Anda mengolah ataupun mengelola data yang diinginkan.

5. Pastikan server tidak dibagi ke pengguna lain

Hal ini dikarenakan dedicated server dirancang tidak dapat dibagi ke pengguna lain. Sehingga Anda harus memastikan bahwa server tersebut yang terkoneksi sepenuhnya pada Anda. Server yang dibagi ke banyak pengguna lain bisa menghambat performa server tersebut. Selain itu akan membuat performa serta pekerjaan yang dikerjakan tidak membuahkan hasil yang maksimal. Tentu saja hal itu menyebabkan data yang sedang Anda akses maupun kelola tidak dapat berjalan lancar.

6. Keleluasaan mengolah data

Hal ini juga sangat penting untuk Anda perhatikan sebelum menggunakan dedicated server. Dedicated server akan memberikan fitur yang membuat Anda leluasa ketika mengolah ataupun mengakses data yang dibutuhkan. Keleluasaan yang dimaksud adalah Anda bisa bebas memilih alamat IP server tersebut serta leluasa mengolah data tanpa gangguan dari aktivitas pengguna lain di server tersebut.

7. Efektif dan efisien dalam penggunaan

Sebelum menggunakan dedicated server yang harus Anda perhatikan dan efektif ketika digunakan untuk mengolah data yang dibutuhkan. Tentu saja terkadang Anda dikejar deadline dalam mengolah suatu data yang dibutuhkan. Hal itu yang membuat server tersebut harus efektif dan efisien ketika digunakan dalam mengakses maupun mengolah suatu data agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Beberapa hal tersebut harus Anda perhatikan sebelum menggunakan dedicated server. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan yang dapat menghambat aktivitas Anda ketika mengakses ataupun mengolah data yang dibutuhkan. Selain itu Anda juga bisa terhindar dari kerugian yang bisa diterima karena pekerjaan yang terhambat dan terlambat. Oleh karena itu, Anda harus lebih teliti dan memperhatikan beberapa hal penting yang telah disebutkan serta dijelaskan seperti diatas.

« »

Comments are closed.