WordPress: Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Wordpress: Kenali Kelebihan dan Kekurangannya
Kebanyakan blogger pasti sudah sangat familiar dengan WordPress. CMS ini memang dirancang secara khusus bagi blogger dengan dukungan berbagai fitur menarik dan fleksibel. Dengan kata lain, blogging tidak akan lengkap tanpa WordPress. Fitur wordpress memang sangat familiar bagi blogger baik yang pemula atau profesional sekalipun. Banyak blogger memilih CMS ini karena mereka terpikat dengan daya tariknya. Jika Anda ingin membuat blog dengan tampilan menarik dan lebih SEO friendly, gunakanlah wordpress. Sebagai salah satu CMS yang paling sering digunakan, WordPress hosting pasti mempunyai daya tarik tersendiri. Daya tarik itulah yang menarik minat para blogger untuk mengembangkan blognya melalui platform ini. Semua kelebihan tersebut bisa dinikmati secara gratis. Anda juga ingin mencoba pengalaman baru dalam dunia blogging dengan wordpress? Anda perlu memahami kelebihan dan kekurangan platform ini.

WordPress mempunyai banyak kelebihan yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi CMS ini. WordPress bisa digunakan secara gratis dan Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk menggunakan template premiumnya. Anda bisa membandingkannya dengan berbagai platform khusus yang dirancang untuk kebutuhan blogging. WordPress atau Blogspot mempunyai keunggulan masing-masing. Banyak fitur wordpress yang tidak bisa ditemukan di Blogspot. Sebaliknya, Blogspot juga mempunyai kelebihan yang tidak ada pada WordPress. Anda bisa merasakan perbedaan yang cukup signifikan saat menggunakan platform WordPress.

WordPress adalah platform yang sangat mudah dijalankan bahkan oleh pemula sekalipun. Jika Anda masih awam dalam dunia blogging atau website, WordPress bisa menjadi sarana yang tepat. Fiturnya memang disesuaikan sedemikian rupa sehingga lebih mudah dikustomisasi oleh blogger. Jika Anda ingin membuat blog baru, Anda tinggal memilih salah satu template yang tersedia. Untuk mengubah template tersebut, Anda hanya tinggal menambah widget tertentu di blog. Ada banyak widget yang bisa disesuaikan untuk personalisasi blog Anda termasuk favicon, gavatar, atau widget yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Jika Anda masih belajar blog dari nol, lebih disarankan untuk menggunakan blogspot. WordPress memang user friendly tetapi pengaturan dan kustomisasinya tidak tepat bagi blogger yang baru belajar dari nol.

WordPress memberikan lebih banyak kebebasan terutama untuk berkomentar. Jika Anda berkunjung ke blog lain dan ingin meninggalkan komentar, Anda menemukan koteak komentar di bawah posting blog tersebut. Ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih. Anda bisa memberikan komentar dengan akun wordpress atau anonim.

WordPress memberikan fitur untuk mengatur posting Anda. WordPress tampil dengan sistem yang lebih bagus untuk menampilkan posting Anda. Posting terbaru ditampilkan di halaman terdepan. Anda juga bisa mengatur WordPress untuk menampilkan posting tertentu selalu di urutan paling atas. Sekalipun ada tulisan yang lebih baru, tulisan yang telah dikostumisasi tersebut tetap berada di urutan teratas. Selain itu, Anda bisa mengkategorikan posting berdasarkan tema (label) tertentu. Setiap posting juga dikelompokkan berdasarkan waktu publikasinya. Selain itu, posting dengan jumlah hits terbanyak akan ditampilkan sebagai posting terpopuler. WordPress Hosting juga menawarkan fitur menarik yang hanya ada di template premium.

WordPress bukanlah CMS tanpa cacat. Ada sedikit kekurangan pada WordPress yang mungkin agak mengecewakan bagi para blogger. WordPress tidak mempunyai javascript sehinga Anda akan kesulitan untuk memasang iklan banner seperti Adsense atau iklan lokal seperti KumpulBlogger. Namun, iklan sejenis ini bukanlah satu-satunya cara untuk mendatangkan uang dari blog. Anda masih bisa menawarkan produk pada pengunjung blog Anda.

 

« »

Comments are closed.