7 Cara Mempercepat Kinerja WordPress

7 Cara Mempercepat Kinerja WordPress

3. Gunakan Content Delivery Network (CDN)

CDN merupakan jaringan dari banyak server yang didistribusikan di beberapa lokasi di dunia. Cara kerjanya adalah dengan membuat cache dari konten dan files yang ada di website kamu, dan menghadirkannya kepada pengunjung berdasarkan lokasi geografis yang paling dekat dengan salah satu server, sehingga akan mempercepat kinerja website dan juga menaikan pengalaman pengunjung.

4. Menggunakan plugin cache

Ada banyak plugin cache untuk WordPress, dimana cara kerjanya adalah dengan membuat cache dari file statis di website kamu. Setalah memiliki cache, webserver akan menampilkan file tersebut ketimbang memproses script PHP WordPress dinamis yang lebih berat.

5. Membagi artikel yang panjang menjadi beberapa halaman

Pastinya kamu sudah pernah melihat banyak situs yang memilih untuk menerbitkan artikel yang panjang ke dalam beberapa halaman, biasanya adalah situs berita. Cara ini dapat membantu mempercepat waktu loading, karena hanya me-load konten yang lebih sedikit. Dan cara ini juga dapat menaikan Page View website kamu.

Cara menggunakannya, dari menu editor di tampilan CMS WordPress, kamu tinggal menambahkan tag “<!–nextpage–>” di dalam artikel yang kamu buat.

6. Membagi comment ke dalam beberapa halaman

Mempunyai website atau blog yang sangat ramai biasanya memiliki comment yang banyak pula. Banyak blogger yang akhirnya menon-aktifkan comment, karena jika terlalu banyak comment akan menyebabkan elemen yang di download semakin banyak dan akan memperlambat website.

Namun comment menjadi hal yang penting, apalagi jika kamu ingin membangun komunikasi dua arah dengan pengunjung website kamu. Ada yang mudah agar kamu bisa tetap menampilkan comment tanpa perlu khawatir penurunan kinerja, caranya adalah dengan membagi comment ke dalam beberapa halaman.

Masuk ke menu Settings-> Discussion dan centang kotak “Break comments into pages,” atur maksimal komentar yang bisa ditampilkan pada satu halaman.

7. Disable Hotlinking

Hotlinking merupakan proses untuk mencuri bandwidth kamu. Sebagai contoh, ada seseorang yang membuat konten terinspirasi konten yang kamu buat dan meminjam gambar dari website kamu. Dia tidak mengupload gambar tersebut kamu di websitenya, tetapi hanya meminjam URL gambar tersebut. Hasilnya dia mencuri bandwidth kamu, tetapi kamu tidak mendapatkan visit sama sekali.

Kamu bisa mengindari hotlinking dengan menambahkan kode dibawah ke file .htcaccess.

RewriteEngine on

RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$

RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www\.)?your-domain-name [NC]

RewriteRule \.(jpg|jpeg|png|gif)$ - [NC,F,L]

Pages: 1 2

« »

Comments are closed.